Unduh Aplikasi

Bangkitnya Dunia Pelayaran Aceh

Bangkitnya Dunia Pelayaran Aceh
Capt. Fadlhi, SE, M.Mar, SDPO. Foto: Ist

Oleh: Capt. Fadlhi, SE, M.Mar, SDPO

Selamat dan sukses kepada Pemerintah Daerah Aceh yang telah berhasil melakukan trobosan baru di dunia maritim Aceh untuk memajukan perekonomian rakyat Aceh, bangkitnya dunia maritim Aceh mudah - mudahan diawali dengan peresmian armada pelayaran Aceh Hebat satu milik Pemerintah Aceh ini. 

Kita harapkan ini menjadi sebuah momentum yang berharga bagi putra putri daerah Aceh yang mempunyai skill dalam bidang pelayaran sudah terbuka peluang dalam mencari kerja di Nanggroe Aceh Darussalam.

Langkah maju yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh sangatlah tepat karena seiring dengan perkembangan penduduk Aceh dan meningkatnya arus kunjunagan wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang sering mengujungi pulau – pulau yang ada di Aceh. Pemerintah Aceh cukup peka dalam melihat keadaan dan peluang ini dengan segera mengambil langkah membangun tiga armada Aceh Hebat demi menunjang perekonomian rakyat dan pariwisata Aceh.   

Adanya armada Aceh Hebat ini akan sangatlah berpengaruh bagi perkembangan sentra industri yang ada di pulau – pulau yang dilalui oleh kapal – kapal Aceh Hebat, Salah satunya daerah kepulauan yang sangat kaya dengan hasil alamnya yakni Pulau Simeulu.

Kapal Aceh Hebat ini juga tak hanya diperuntukan pada dua pulau besar yang padat penduduknya seperti Pulau Sabang dan Pulau Simeulue saja, tapi juga ke pulau - pulau kecil lainya seperti Pulau Banyak yang akan dilayari oleh armada Aceh hebat tiga yang Gross Tonnagenya (GT) lebih kecil dan cocok untuk memasuki Pulau Banyak.

Dengan adanya kapal Aceh Hebat ini tentunya kita sangat berharap pulau – pulau tersebut dapat segera mensejajarkan diri dari ketertinggalannya dengan saudara - saudara tuanya di Aceh daratan dalam segala hal. 

Langkah cermat Pemerintah Aceh dalam menjawab kebutuhan masyarakat sangatlah tepat dengan pengadaan alat transportasi laut dalam menunjang perekonomian masyarakat Aceh yang tinggal di daerah kepulauan. Ini merupakan pencapaian yang membanggakan dan tepat sasaran meskipun ditengah pandemi Covid-19 kapal – kapal tersebut dikebut pengerjaannya agar selesai tepat pada waktunya, dan Alhamdulillah sesuai dengan target.

Disisi lain ini adalah salah satu bentuk kemandirian Pemerintah Aceh terhadap Pemerintah Pusat yang tidak menunggu adanya hibah dari Pemerintah Pusat, salah satu armada yang dihibahkan oleh Pemerintah Pusat adalah KMP. BRR yang sampai saat ini masih dinikmati oleh masyarakat Aceh.
 
Kemandirian Pemerintah Aceh dalam menyelesaikan segala persoalan tentang transportasi laut ini patut kita apresiasi, jangan kita cemoohkan karena alasan yang belum kita telaah lebih jauh apa manfaatnya kedepan. 

Kapal Aceh Hebat ini yang nantinya akan sangat menguntungkan masyarakat Aceh dengan kelancaran pengoperasiannya secara rutin dan terjadwal akan menjadikan segala macam pasokan kebutuhan yang dibutuhkan di pulau – pulau yang ada di Aceh menjadi lancar, sehingga perekonomian rakyatpun secara otomatis akan berjalan dengan lancar.

Efek lain yang kita dapatkan dari adanya kapal Aceh hebat ini adalah dapat bertambahnya pendapatan daerah Aceh dari hasil pengoperasian kapal tersebut, tentang pendapatan daerah. Kita semua mengharapkan Pemerintah Aceh lebih bijak dan belajar dari kesalahan pengelolaan dimasa lalu, agar pengelolaan kapal Aceh Hebat ini nantinya tidak terperosok ke lubang yang sama, ini adalah harapan agar supaya kita belajar lagi tentang bagaimana tata kelola armada pelayaran yang baik dan benar supaya menguntungkan.

Kita mengharapkan lebih bijak dalam memilih rekanan untuk mengelola kapal Aceh Hebat satu, dua, dan tiga, karena ini adalah proyek besar yang dilakoni oleh Pemerintah Aceh dengan menggunakan uang rakyat ratusan miliar, dan berharap uang rakyat ini bisa dinikmati juga oleh rakyat Aceh dengan pengelolaan yang baik dan benar.

Harapan kami kepada pemerintah Aceh agar memilih rekanan yang berpengalaman dalam pengelolaan armada Aceh Hebat ini atau jika memang Pemerintah Aceh berpikir jauh kedepan tentang pengelolaan armada Aceh Hebat tersebut jangan tergantung kepada perusahaan luar daerah Aceh, ada baiknya untuk difikirkan dengan membuat perusahaan perusahaan pelayaran Aceh Hebat yang nantinya akan mengelola secara khusus armada – armada Aceh Hebat itu.

Bahkan kapal KMP BRR pun bisa kita Ambil alih kembali dari ASDP untuk kita operasikan sendiri secara mandiri oleh perusahaan daerah tersebut, ini bukanlah sesuatu hal yang mustahil, karena ada banyak putra putri Aceh yang berkerja di perusahaan pelayaran, bahkan ada yang menjadi owner di perusahaan pelayaraan seperti di Medan, Batam, dan Jakarta yang paham tentang tata kelola armada pelayaran. 

Melalui pengelolaan secara mandiri dan transparan oleh pemerintah jelas keuntungan akan lebih besar dibandingkan dikelola atau disewakan kepada perusahaan lain, dan ini adalah wacana open mainded kepada Pemerintah Aceh yang perlu dipikirkan demi keberhasilan serta eksistensi armada Aceh Hebat untuk jangka panjang dimasa yang akan datang.

Sesuai dengan namanya kapal Aceh Hebat, ini adalah nama yang tepat dan garang sebagai cerminan dari orang Aceh, karena orang Aceh juga hebat – hebat dan pasti bisa mengelolanya dengan baik, kita hanya perlu tranparansi dan pengawasan yang baik, serta beberapa SDM pelayaran yang paham operasional serta manajemen pelayaran untuk menyelasaikan troble shuting apabila terjadi permasalahan dalam operasional kapal, sementara untuk pemasaran kita tidak perlukan selama bisnis ini tidak melakukan ekspansi keluar dari daerah Aceh.

Sebagai contoh mungkin kita bisa belajar dari BUMD Aceh yang berhasil bertahan dalam waktu jangka panjang dengan record manajemen yang baik untuk kita jadikan sebagai inspirasi dalam mengelola perusahaan pelayaran Aceh Hebat.

Disisi lain Pemerintah Aceh juga cukup hebat dalam membuat sebuah perencanaan untuk membangun tiga armada Aceh Hebat ini, dimulai dari perencanaan sampai dengan eksekusi (Pelaksanaan) artinya tim pelaksana Aceh Hebat ini cukup solid dan betul – betul diisi oleh orang - orang hebat yang menjadi pilihan Pemerintah Aceh.

Harapan dan bangga apabila kapal ini nantinya diawaki oleh putra putri Aceh yang hebat – hebat dan berpengalaman di dunia pelayaran baik dalam negeri maupun luar negeri. Karena saat ini ada ribuan putra putri Aceh yang berprofesi sebagai pelaut dengan berbagi tingkatan ijazah.

Penulis adalah dosen dan pengamat tentang dunia pelayaran

Komentar

Loading...