Unduh Aplikasi

Banda Aceh terapkan open puskesmas

Banda Aceh terapkan open puskesmas
Wpid img01508 20141027 1303
BANDA ACEH - Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menandatangani nota kesepahaman untuk mewujudkan Banda Aceh  Open Puskesmas, Senin 27 Oktober 2014 di Hotel Grand Nanggro.

Perjanjian ini ditandatanganinya selepas acara seminar keterbukaan informasi publik sektor kesehatan,  berdasarkan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Nota Kesepahaman ini juga ditandatangi oleh para pihak yang terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Komisi Informasi Aceh dan Koalisi untuk Reformasi Birokrasi Kota Banda Aceh.

Para pihak yang menandatangani Nota Kesepahaman ini berkomitmen paling lambat pada April 2015, minimal terdapat dua unit Puskesmas yang dideklarasikan sebagai pilot project  menuju Open Puskesmas di Kota Banda Aceh.

Media Yulizar,  Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menyebutkan,  para pihak bersepakat untuk mempercepat lahirnya Open Puskesmas di Kota Banda Aceh dengan melakukan terobosan,  dengan melakukan sosialisasi UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik secara komperehensif kepada lingkungan internal Puskesmas di Kota Banda Aceh dan menyusun Daftar Informasi Publik pada level Puskesmas di Kota Banda Aceh.

“ Program ini akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang ditunjuk oleh Puskesmas untuk dapat mengelola informasi dan dokumentasi secara baik sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” kata Media.

Selain itu ia juga menegaskan, dalam kurun waktu 6 bulan pertama, para pihak akan melakukan supervisi terhadap Puskesmas yang telah dideklarasikan sebagai Open Puskesmas di Kota Banda Aceh.

“Gagasan yang dipelopori oleh MaTA dan BSUIA untuk mewujudkannya di level Puskesmas patut diapresiasi, Oleh karena itu, Open Puskesmas sangat patut untuk kita dukung bersama”, Tegasnya.

HENDRA KA

Komentar

Loading...