Unduh Aplikasi

Banda Aceh dan Higashimatsushima gelar pameran bersama

BANDA ACEH-Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'adudin Djamal SE membuka secara resmi Pameran Foto dan Produk Masyarakat Kota Banda Aceh dan Higashimatsushima di Gedung Escape Buliding, Gampong Lambung, Meuraxa, Banda Aceh, sekira pukul 09.00 WIB, Senin ( 22/12)

Wali Kota Illiza mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Kota Higashimatsushima, Jepang, dan berterima kasih atas kerjasamanya dalam acara yang akan digelar hingga 28 Desember 2014 tersebut. 

"Kota Banda Aceh dan Kota Higashimatsushima mempunyai kisah sedih yang sama. Pada Maret 2004, tsunami juga melanda kota yang berlokasi di Prefektur Miyagi, Jepang ini. Tahun ini, kita di sini berjumpa dan saling berbagi dengan mengelar pameran foto bersama-sama. Terima kasih dan selamat datang di Aceh," kata Illiza saat membuka acara.

Pada 22 Juni 2014, sambung wali kota, pihaknya telah menandatangani MoU dengan Kota Higashimatsushima berupa program pertukaran staf pemerintahan untuk magang  sebagai salah satu upaya percepatan pembangunan.

"Pembangunan Banda Aceh memang pesat, namun tidak diiringi dengan strategi yang kuat karena dana bantuan mempunyai batas waktu. Berbeda dengan Higashimatsushima yang membangun kotanya sendiri dengan dana pemerintah sehingga strategi pembangunan jangka panjang sangat bagus di sana," ujar Illiza.

Pada kesempatan itu, Illiza juga mengapresiasi warga GampongLambung atas partisipasinya dalam memajukan pembangunan desa. Ia juga memuji kreatifitas masyarakat setempat dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa lainnya.

Sementara Dr Michiaki Omura, Managing Director of HOPE Kota Higashimatsushima, dalam sambutannya mengatakan, saat tsunami melanda Aceh pada 2004 lalu, pihaknya merasakan kesedihan yang sama. 

"Kami juga berterimakasih atas kerjasamanya yang baik selama ini kepada  Wali kota Illiza," ujarnya.

Pembukaan pameran turut dimeriahkan dengan tarian tradisional Jepang yang ditampilkan oleh anak-anak Aceh lengkap dengan Kimono, pakaian khas 'Negeri Matahari Terbit' tersebut. Sebelum meninggalkan lokasi, IIliza juga menyempatkan diri untuk melihat dari dekat foto-foto serta ragam produk olahan masyarakat yang dipamerkan di lantai dua dan lantai tiga gedung tersebut. 

SP

Komentar

Loading...