Unduh Aplikasi

Banda Aceh Berkabut, BMKG: Asap dari Aceh Jaya dan Aceh Besar

Banda Aceh Berkabut, BMKG: Asap dari Aceh Jaya dan Aceh Besar
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kawasan Kota Banda Aceh dan Aceh Besar sejak dua hari ini dipenuhi kabut asap. Akibatnya, membuat jarak pandang sedikit terganggu

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, kabut asap yang menyelimuti Banda Aceh dan Aceh Besar dalam dua hari ini disebabkan karena faktor adanya kebakaran di Aceh Jaya beberapa hari lalu. Kemudian ditambah lagi dengan adanya pembakaran jerami di persawahan wilayah Aceh Besar.

"Asap kebakaran dari Aceh Jaya kemarin, ditambah lagi Aceh Besar sedang panen dan pembakaran jerami, sehingga menimbulkan asap di daerah Aceh Besar dan Banda Aceh sekitarnya," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria kepada AJNN saat dikonfirmasi, Rabu (27/3).

Zakaria menyampaikan, kondisi angin yang tidak kencang dan hujan kurang lebat saat ini juga membuat asap terus bertahan. Pasalnya asap tidak akan bergerak ataupun berpindah. Seandainya ada angin kencang atau hujan lebat maka asap tersebut sudah tidak terlihat lagi.

"Kalau ada hujan lebat, maka partikel-partikel debu akan jatuh, dan akan membuat pandangan kembali jelas," ujarnya.

Zakaria menuturkan, berdasarkan perkiraan BMKG, kabut asap ini akan hilang selambat-lambatnya sampai dua hari ke depan, hal itu karena di perairan Barat Daya Aceh sedang ada pusaran angin, sehingga di dataran Aceh akan terjadi pembelokan angin dan penyatuan masa udara.

"Dengan demikian kita perkirakan besok sebagian akan ada tumbuh awan-awan hujan, dan bahkan mengalami hujan ringan, sedang hingga hujan lebat. Kita prediksikan besok atau lusa sudah tidak ada lagi asap," terang Zakaria.

Komentar

Loading...