Unduh Aplikasi

Balai Litbangkes Aceh Sudah Periksa 312 Swab Pasien Terkait Corona

Balai Litbangkes Aceh Sudah Periksa 312 Swab Pasien Terkait Corona
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Aceh di kawasan Siron Kabupaten Aceh Besar sudah melakukan pemeriksaan swab terhadap 312 pasien terkait virus corona (Covid-19).

"Balitbangkes Aceh hingga sampai dengan kemarin sudah periksa 312 sample. Itu untuk seluruh Aceh yang masuk ke Balitbangkes Aceh," kata Kepala Balitbangkes Aceh, Fahmi Ichwansyah saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (19/5).

Fahmi mengatakan, dari total 312 sampel pasien Aceh yang diuji tersebut, hanya 17 orang terkonfirmasi positif, sementara 295 lainnya negatif.

Saat ini, jumlah pasien Covid-19 Aceh memang sudah mencapai 18 orang, tetapi satu pasien itu yakni yang pertama positif merupakan hasil uji swab dari laboratorium Kemenkes di Jakarta.

"Sekarang total semua masih 18 positif. Diperiksa di Balitbangkes Aceh 17, waktu pertama kali kasus yang meninggal itu diperiksa di Litbang Jakarta," ujarnya.

Sementara ini, kata Fahmi, sampel yang masuk ke Balitbangkes juga sudah mulai berkurang. Sebelumnya per hari rata-rata 15 sampai 20 sampel.

"Tapi sepekan terakhir ini, dalam sehari hanya di bawah angka 10. Sekitar ada tiga, tujuh, ada juga sepuluh begitu," tutur Fahmi.

Fahmi berharap, penurunan ini memang benar ada dan mudah-mudahan semakin menurun, dan terpenting jangan lupa tetap menggunakan masker.
 

Komentar

Loading...