Unduh Aplikasi

Baitul Mal Lhokseumawe Salurkan Zakat Rp 4.8 Miliar

Baitul Mal Lhokseumawe Salurkan Zakat Rp 4.8 Miliar
Warga membuka rekening di Baitul Mal Lhokseumawe. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE - Baitul Mal Kota Lhokseumawe mulai menyalurkan zakat kepada 2.973 Mustahiq (penerima) di kota itu. Adapun total jumlah anggaran yang di salurkan sebanyak Rp4.862.812.500.

“Hari ini warga yang namanya sudah masuk ke jatah penerima, diminta untuk membuka rekening, karena penyaluran akan dilaksanakan secara non tunai,” kata Sekretaris Baitul Mal, Amir, Senin (4/5).

Dikatakan Amir, ada tujuh senif yang akan disalurkan zakat tahap ini, yaitu, fakir, miskin, Fi sabilillah, Ibnu Sabil, Muallaf dan Gharim. Namun untuk yang fakir sudah disalurkan senilai Rp700 ribu per penerima dengan jumlah orang 2.040 penerima.

“Yang buka rekening hari ini untuk senif miskin, yaitu bantuan modal usaha senilai Rp4 juta per penerima, dengan jumlah total penerima sebanyak 272 Mustahiq dari empat kecamatan di Kota Lhokseumawe,” ujarnya.

Sambung Amir, pembukaan rekening sengaja dilakukan langsung di Kantor Baitul Mal, untuk mempermudah Mustahiq membuka buku tabungan. Karena dengan kondisi saat ini banyak perbankan yang membatasi pembukaan buku rekening.

“Sehingga kita memutuskan untuk memanggil ke Kantor Baitul Mal, agar pembukaan buku rekening cepat selesai, dan kami targetkan dalam bulan ini akan tersalurkan semua,” tuturnya.

Sambung Amir, setelah zakat modal usaha itu disalurkan, pihaknya juga akan memantau dan akan dibina jika tidak paham. Karena dengan harapan, hari ini mereka menerima dan ke depan menjadi pemberi zakat. 

Komentar

Loading...