Unduh Aplikasi

Bahkan Uang Hafiz Pun Disikat

Bahkan Uang Hafiz Pun Disikat
Ilustrasi: cerdasco.

TINDAKAN mengorupsi uang makan dan minum para penghapal Alquran di Dinas Syariah Islam Gayo Lues benar-benar memalukan. Tiga orang yang diduga terlibat harus benar-benar diproses secara tuntas.

Kepolisian Resor (Polres) Gayo Lues menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Tidak tanggung-tanggung, nilai uang yang alokasikan untuk program ini mencapai Rp 9 miliar. 

Atas kejadian tersebut, negara dirugikan Rp 3,7 miliar berdasarkan hasil audit kerugian keuangan negara oleh BPKP Perwakilan Aceh.

Dengan uang sebesar itu, seharusnya para hafiz mendapatkan layanan yang lebih baik. Namun, satu per satu, item yang diterima para hafiz dikorupsi. 

Namun penghargaan dari negara, yang mengamanahi mereka untuk memberikan kebutuhan makan bagi para penghafal Alquran itu tak cukup. Mereka diduga menyunat uang yang dengan mengurangi nilai yang diterima para penghafal Alquran. 

Berdasarkan pemeriksaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, para tersangka diduga memotong uang makan dari yang seharusnya Rp 19.965 per kotak menjadi Rp 9.500. Uang untuk membeli makan ringan senilai Rp Rp 8.910 juga hanya dibayarkan Rp 4.500.  

Kepolisian juga harus mendalami keterlibatan pihak lain dalam dugaan korupsi ini. Polisi jangan memberikan ruang bagi mereka yang memainkan uang para hafiz ini sehingga perkara-perkara seperti ini akan terus terulang. 

Kepolisian juga harus menjerat mereka dengan pasal yang berat. Penuntasan kasus ini harus memberikan efek jera bagi siapapun untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Bagi para santri, penghafal Alquran, atau orang-orang yang berada di jalan Allah, fi sabilillah, setiap rezeki harus disyukuri. Namun hal ini tidak boleh menjadi alasan dan pembenaran tindakan-tindakan curang seperti itu. 

Orang-orang yang diamanahi untuk mengurusi para santri, hafiz dan orang-orang yang berada di jalan Allah harus benar-benar menjaga amanah. Dengan demikian, muncul keberkahan yang membawa kebaikan bagi semua. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...