Unduh Aplikasi

Azhari Cage: Mengakui Kemerdekaan Catalunya Bukan Ranah DPRA

Azhari Cage: Mengakui Kemerdekaan Catalunya Bukan Ranah DPRA
Safaruddin dan Azhari Cage. Foto: Ist

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Azhari Cage mengatakan persoalan kemerdekaan Catalunya bukan ranah DPRA untuk mengakuinya atau tidak. Karena itu jelas ranahnya Pemerintah Indonesia.

"Bukan ranah DPRA mengakui kemerdekaan sebuah negara, karena itu sudah ranahnya Pemerintah Indonesia," kata Azhari kepada AJNN, Selasa (31/10).

Sebelumnya, Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin mendesak DPRA membuat pengakuan terhadap deklarasi kemerdekaan Catalunya yang dilakukan melalui referendum. Pengakuan itu dinilai penting disampaikan DPRA untuk menunjukkan keseriusan DPRA melaksanakan Referendum.

Baca: YARA Desak DPRA Akui Kemerdekaan Catalunya

"Referendum kemerdekaan Catalunya mendapat banyak penolakan saat ini termasuk dari Pemerintah Indonesia, jika DPRA mengambil langkah mendukung ini sebuah terobosan politik bagi DPRA," kata Safaruddin, Minggu (29/10) kemarin.

Azhari Cage menjelaskan tugas DPRA sudah jelas diatur dalam undang-undang atau peraturan lainnya bahwa fungsi DPRA itu untuk legislasi, penganggaran dan pengawasan. yang mempunyai kewenangan dalam persoalan itu hanya Pemerintah Pusat.

"Jadi tidak dalam kapasitas DPRA baik secara keanggotaan atau kelembagaan untuk mengakui sebuah negara merdeka atau tidak," tegas Azhari.

Komentar

Loading...