Unduh Aplikasi

Ayah Hamid Jadi Saksi Sidang Sengketa Informasi Gerak Aceh

Ayah Hamid Jadi Saksi Sidang Sengketa Informasi Gerak Aceh
Sidang sengketa informasi. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Sidang sengketa informasi terkait permintaan dokumen program dana aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) oleh Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh memasuki tahapan pemeriksaan saksi.

Dalam sidang ini lanjutan, kemarin, Komisi Informasi Aceh (KIA) menghadirkan Sekretaris Dewan DPRA A Hamid Zein sebagai saksi atas permintaan dokumen program dana aspirasi dewan itu.

Saat dimintai penjelasan oleh majelis hakim terkait dana aspirasi tersebut, A Hamid Zein--akrab disapa Ayah Hamid--menerangkan bahwa tugas wewenang dari dewan adalah menyerap aspirasi rakyat.

"Sesuai dengan pasal 26 ayat 2 UU nomor 11 tahun 2006 salah satu kewajiban anggota DPRA dalam ayat 2 huruf d memperhatikan dan menyalurkan aspirasi menerima keluhan dan pengaduan masyarakat serta menfaslitasi tindaklanjut penyelesiananya," jelas Hamid Zein saat menyampaikan kesaksiannya.

Selain itu, kata Hamid, dalam PP 16 tahun 2010 pasal 8 yaitu sumpah anggota DPR bahwa mereka akan memperjuangkan aspirasi rakyat, itu satu hak yang melekat pada pimpinan maupun anggota dewan lainnya.

Dan pada pasal 116 PP 10 tahun 2016 juga disebutkan pimpinan DPR alat kelengkapan DPR menerima menampung menerima menyerap dan menindaklanjuti pengaduan atau aspirasi masyarakat.

"Pihak pimpinan anggota dewan juga melakukan reses ke daerahnya masing-masing untuk menampung aspirasi rakyat," ujarnya.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Anggaran Gerak Aceh Fernan, selaku pemohon, mengatakan program aspirasi yang diserap dibenarkan oleh aturan untuk menerapkan program sebagaimana sumpah anggota dewan.

Fernan mengeaskan dana aspirasi tersebut ada di setiap anggota dewan, dan jika dalam masa reses, mereka tidak mungkin tanpa anggaran. "Jika anggarannya tidak ada bagaimana anggota dewan melakukan pembangunan terhadap aspirasi rakyat di daerahnya," tutur Fernan.

Sidang yang berlangsung selama satu jam itu tidak membuahkan hasil kembali, kemudian sidang tersebut akan dilanjutkan pada tahap pemeriksaan saksi selanjutnya.

Komentar

Loading...