Unduh Aplikasi

Nanda, Ayah Angkat Meurah si Lumba-Lumba

Nanda, Ayah Angkat Meurah si Lumba-Lumba
LHOKSEUMAWE - Nanda (27) pemuda tamatan Sekolah Menengah Atas itu menjadi ayah angkat bagi lumba-lumba yang terdampar diperairan Aceh beberapa hari yang lalu. Saat ini, kondisi Lumba-Lumba betina itu dalam keadaan sakit.

Sebelumnya, seekor Lumba-Lumba terdampar di perairan Aceh, Meuraksa Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Senin (29/2).

Nanda yang merupakan warga Mns Me,e Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe merawat Lumba-Lumba yang ditampung di penangkaran alur Gampong Jambo Mesjid, Kandang Muara Dua.

Nanda ditemani tiga kawannya itu terus menemani ikan yang berukuran tiga meter itu. Tak sedikit warga yang berdatangan untuk melihat langsung ikan bermuncung botol itu.

Nanda mengaku, pasca ditemukan oleh warga beberapa hari lalu, ikan Lumba-Lumba itu dalam keadaan tidak sehat. "Ada beberapa bagian kulit ikan lumba-lumba terkelupas. Seperti, dibawah sirip sebelah kanan, serta beberapa bagian lain pada bagian organ tubuh ikan itu," jelasnya.

Untuk merawat Lumba-Lumba yang diberi nama Si Meurah itu, kata Nanda, dirinya hanya berharap sumbangan ikan dari tangkapan nelayan disekitar kawasan serta sumbangan pengunjung yang hadir ditempat itu. "Untuk pengobatan hanya kami lakukan seadanya. Ikan ini tidak banyak bergerak, hanya sesekali terlihat memutar-mutar badannya di penangkaran yang berukuran kecil ini," ujarnya.

Untuk mengantian air dalam penangkaran itu, Nanda mengatakan, dia dan teman-temanya selalu menjaga pintu air masuk ke alur. "Kalau air pasang, kami membuka pintu air, agar pertukaran air tersebut bisa menjaga kondisi air selalu bersih dan ikan lumba-lumba memiliki oksigen baru," imbuhnya

Saat ini, pihaknya serta warga sekitar menunggu sikap Pemkot pemerintah Lhokseumawe terkait nasib ikan lumba-lumba tersebut.
IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...