Unduh Aplikasi

Awasi ODP Jalani Isolasi Mandiri, Dinkes Aceh Barat akan Gandeng Pemerintah Desa

Awasi ODP Jalani Isolasi Mandiri, Dinkes Aceh Barat akan Gandeng Pemerintah Desa
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

ACEH BARAT - Dinas Kesehatan Aceh Barat akan menggandeng pemerintah desa dalam penanganan wabah corona. Langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran COVID 19 atau dalam bahasa ilmiahnya disebut SARS-NcoV 2.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh Barat, Idrus, mengatakan pelibatan pemerintah desa kedepannya juga menjadi pemantau bagi mereka yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pantauan atau ODP.

"Saat ini kita memang sedang membicarakan ke arah itu. Namun saat ini kita sedang cari formatnya seperti apa," kata Idrus, kepada AJNN, Sabtu, (21/3).

Dikatakan Idrus, pentingnya melibatkan pemerintah desa dalam pemantauan terhadap ODP guna mencegah mereka keluar rumah selama menjalani isolasi mandiri atau berdiam diri di rumah.

Dikatakannya, perlunya Social Distancing guna memutus mata rantai penyebaran wabah mematikan yang saat ini dinyatakan pandemi oleh World Healt Organizing (WHO).

"Formatnya nanti bisa jadi pemerintah desa membentuk tim pemantau jarak jauh guna memantau aktivitas mereka yang ODP, setelah dilakukan pemeriksaan di Puskesmas atau bisa jadi cara lainnya, ini nanti kita bahas kembali," ucapnya.

Idrus menjelaskan, saat ini sesuai intruksi Pemerintah Pusat desa juga diperintahkan ikut terlibat dalam penanganan COVID 19, bahkan kata dia dana desa juga dapat digunakan melakukan pencegahan terhadap wabah COVID 19.

Dikatakannya, selama status ODP pasien memang sulit dipantau langsung oleh Puskesmas, meski saat dilakukan pemeriksaan terhadap mereka yang masuk dalam status ODP diambil nomor kontaknya namun bisa saja pasien yang diminta isolasi mandiri tidak patuh dan keluar rumah.

Komentar

Loading...