Unduh Aplikasi

Awak Angkutan Mengeluh, Dishub Aceh Barat Janji Carikan Solusi

Awak Angkutan Mengeluh, Dishub Aceh Barat Janji Carikan Solusi
Terminal Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Foto: tribratanews.polresacehbarat.com

ACEH BARAT - Dinas Perhubungan Aceh Barat berjanji akan mencari solusi terkait kondisi yang dialami oleh awak angkutan penumpang di Terminal Bus Meulaboh. Dimana mereka tidak memiliki penghasilan akibat tidak ada penumpang selama corona.

Namun, dinas perhubungan setempat menginginkan jika perusahaan angkutan memberikan perhatian kepada awak angkutan yang bekerja di bawah perusahaan mereka.

Kadishub Aceh Barat, Tarfin mengaku belum bisa memtuskan bisa atau tidak membantu awak bus tersebut dimasa-masa sulit seperti saat ini. Sebab, jika dilihat dari aturan yang berlaku, tanggung jawab untuk pemenuhan kebutuhan hak awak angkutan baik sopir maupun pekerja loket merupakan tanggung jawab perusahaan.

“Kami cari solusinya nanti bagaimana, karena kami tidak mungkin langsung karena biasanya ini kan tanggung jawab perusahaan, jangan sampai nanti jadi persoalan baru di tengah masyarakat yang menganggap kami malah membantu perusahaan, sedangkan masyarakat kurang mampu diabaikan,” kata Tarfin kepada AJNN, Sabtu (11/4).

Baca: Tak Ada Penumpang, Awak Angkutan di Meulaboh Berharap Kepedulian Pemerintah

Dikatakan Tarfin, untuk saat ini pemerintah sedang fokus untuk melakukan pendataan masyarakat kurang mampu yang ada di kabupaten tersebut. Namun jika memang perusahaan mengalami kerugian sehingga tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan bagi angkutan atau karyawan, maka pihaknya akan melakukan pendataan.

“Kalau memang perusahaan megalami kerugian dan tidak bisa membiayai maka kami akan data dulu. Jangan sampai jika nanti penyaluran bantuan dilakukan pemerintah terjadi penerimaan ganda, di desa mereka dapat diterminal juga disalurkan,” ungkapnya.

Biasanya, kata dia, bantuan akan disalurkan apabila pemerintah kabupaten setempat telah memberlakukan Pembatasan Sosila Berskala Besar (PSSB) sehingga aktivitas lumpuh total.

Komentar

Loading...