Unduh Aplikasi

Aturan Baru di Pilkada 2017, Tanpa E-KTP, Warga Tak Bisa Memilih

Aturan Baru di Pilkada 2017, Tanpa E-KTP, Warga Tak Bisa Memilih
Ilustrasi.

ACEH BARAT - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat melakukan sosialisasi kepada para kepala desa dan camat terkait pemilih yang tak dapat memilih karena belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-ktp.

Ketua KIP Aceh Barat, Bahagia Idris, mengatakan hingga saat ini jumlah pemilih di yang terdaftar di daftar pemilihan sementara tapi tidak memiliki e-KTP sebesar 16.387 jiwa. Jumlah ini bertambah dari sebelumnya hanya 12.500 jiwa.

“Dinas Kepandudukan dan Catatan Sipil mengatakan akan mencatat nama- nama yang belum memilikie-ktp dan menyerahkan ke keuchik,” kata Bahagia, Sabtu (12/12).

Para kepala desa akan menyampaikan kepada para calon pemilih untuk segera membuat e-KTP sehingga nama- nama mereka tidak hilang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan diumumkan pada 6 Desember 2016.

Bahagia menambahkan, KIP memberikan batas waktu kepada para calon pemilih yang belum memiliki e-ktp hingga 27 November ini. Apabila tidak dilakukan, kata dia, KIP akan menghapus nama mereka dari daftar pemilih sementara.

KIP Aceh Barat juga akan terus memantau perkembangan data pemilih dan memastikan seluruh masyarakat mengetahui informasi ini. Pemantauan akan dilakukan melalui Panitia Pemilihan Sementara (PPS) yang dibentuk oleh Panitia Pengawas Pemilihan.

Bahagia berharap sosialisasi ini dapat mendorong warga untuk membuat e-ktp agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

“Justru kesadaran memilih ini menjadi terbalik masyarakat. Mereka yang belum memiliki e-ktp malah memiliki antusiasme lebih besar dibandingkan yang sudah memiliki,” kata Bahagia.

Komentar

Loading...