Unduh Aplikasi

Atlet Silat Tak Dapat Bantuan Pemkab dan KONI, DPRK Aceh Barat: Kami Kecolongan

Atlet Silat Tak Dapat Bantuan Pemkab dan KONI, DPRK Aceh Barat: Kami Kecolongan
Atlet Aceh Barat menunjukkan medali setelah meraih juara umum III. Foto: Ist

ACEH BARAT - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Ahmad Yani, mengaku prihatin terkait kondisi atlit pencak silat yang tidak mendapatkan bantuan dari pemkab dan Koni setempat.

Ia mengakui adanya peran wakil rakyat yang lemah terhadap pengawasan khususnya bidang olahraga sehingga menyebabkan kejadian seperti yang dialami oleh atlet pencak silat.

"Miris, kondisi ini kita akui memang kita selama ini kecolongan, tidak begitu fokus dengan olahraga. Padahal ini sebenarnya juga bagian penting," kata Ahmad Yani, selaku Ketua Komisi IV yang juga membidangi olahraga di dalamnya.

Politisi Gerindra ini mengaku akan menelusuri penggunaan anggaran bidang olahraga, baik di dinas pariwisata, pemuda dan olahraga (Disparpora) maupun KONI setempat. 

“Tapi informasi yang saya peroleh uang Rp 250 juta itu ada dua tahap, tahap pertama itu ada Rp 125 juta dan tahap ke dua Rp 125 juta. Namun untuk tahap pertama hingga saat ini bantuan terhadap Koni untuk semua cabor itu belum cair dari Disparpora," ungkapnya.

Baca: Atlet Silat Aceh Barat Ikut Kejuaraan Tanpa Bantuan Pemkab dan KONI

Ia juga mengungkapkan anggaran paling besar yang dialokasikan untuk semua cabor, melalui KONI itu pada tahun 2019/2020, mencapai Rp 1,5 miliar.

“Saya tidak tahu pasti apakah anggaran tahun 2019/2020 sebesar Rp 1,5 miliar itu terserap semua untuk olahraga atau tidak. Karena selama ini pihaknya kurang melakukan pengawasan,” ungkapnya.

Untuk tahun 2021/2022 ini, dirinya mengaku terjadi pemangkasan besar, sebab adanya refocusing untuk penanganan kegiatan CoronaVirus Disease (Covid-19).

"Tapi intinya begini. Kita akan mencari kebenarannya dulu terkait anggaran ini kepada KONI nantinya. Kita akan panggil dan duduk dulu nanti dengan komisi D (IV)," sebutnya.

Ia juga berjanji pihaknya akan getol mengawasi penggunaan anggaran bidang olahraga, sebab olahraga juga merupakan bagian terpenting dalam mempromosikan daerah.

“Olahraga akan mampu membawa harum nama daerah dalam perebutan kejuaraan setiap pertandingan,” jelasnya.

Komentar

Loading...