Unduh Aplikasi

Atasi Pengurangan Pupuk Bersubsidi, Ombusdman Minta Pemerintah Aceh Lobi Menteri Pertanian

Atasi Pengurangan Pupuk Bersubsidi, Ombusdman Minta Pemerintah Aceh Lobi Menteri Pertanian
Foto: Ist

BANDA ACEH - Alokasi pupuk bersubsidi untuk Provinsi Aceh setiap tahun ada pengurangan. Pada tahun 2019 pupuk subsidi untuk Aceh sebanyak 76.000 ton, namun tahun 2020 Aceh menerima pupuk subsidi hanya 54.000 ton.

Dimana ada pengurangan yang sangat signifikan dari pemerintah pusat terhadap Aceh yaitu sebanyak 22.000 ton. 

Dengan terjadinya pengurangan pupuk subsidi untuk Aceh, Kepala Ombusdman Perwakilan Aceh, Taqwaddin Husin meminta Pemerintah Aceh untuk melalukan pendekatan khusus dengan Menteri Pertanian agar kuota pupuk subsidi untuk Aceh bisa bertambah.

Baca: Ombudsman: Kekurangan Pupuk Subsidi di Pijay Karena Alokasi untuk Aceh Dikurangi

"Ini perlu pendekatan dan lobi khusus ke Menteri Pertanian agar kuota pupuk subsidi kita dapat ditambah dari tahun ke tahun, bukan malah dikurangi," kata Taqwaddin Husin, kepada AJNN, Selasa (17/11).

Taqwaddin Husin mengaku heran dengan pengurangan pupuk subsidi untuk Aceh, pasalnya pabrik pupuk PT PIM ada di Aceh tapi justru kuota pupuk subsidi malah dikurangi

"Pabrik  pupuknya ada di Aceh (PT. PIM), tapi kuota Aceh justru malah dikurangi, Ini kan aneh," ungkapnya.

Menurut Taqwaddin, terjadinya kebijakan pengurangan pupuk subsidi menjadi alasan pemerintah Aceh untuk menelusuri kebijakan itu. Sehingga kebijakan pengurangan pupuk subsidi tidak terjadi lagi untuk Aceh.

"Ini perlu ditelusuri, apa yang salah atau kurang dari kita. Jika memang ada masalah mari masalahnya diselesaikan. Jika ada yang kurang dari kita, mari kita lengkapi. Menurut saya, mencari punca masalah dan menyelesaikannya secara arif bijaksana adalah hal penting," pungkasnya.

Sebab kata Taqwaddin, pupuk bersubsidi sangat dibutuhkan oleh petani. Dengan tersedianya pupuk bersubsidi yang cukup akan membuat petani pada peningkatan kesejahteraan mereka.

"Karena ketersediaan pupuk bersubsidi sangat dibutuhkan oleh petani sawah, dengan banyaknya tersedia pupuk subsidi akan diuntungkan petani pada produksi dan kesejahteraan," tutup Taqwaddin.

Komentar

Loading...