Unduh Aplikasi

Asrama SMA Unggul Pidie Jaya Krisis Air

Asrama SMA Unggul Pidie Jaya Krisis Air
Guru SMA Unggul Pijay melihat kondisi sumur penyaringan air di asrama sekolah itu

PIDIE JAYA - Kepala sekolah SMA Unggul Pidie Jaya keluhkan kekurangan suplai bagi kebutuhan siswa yang diasrmakan di sekolah tersebut. selama ini mereka terpaksa mengunakan air dari aliran irigasi untuk berbagai keperluan.

Kepala SMA Unggul Kabupaten Pidie Jaya, Husna kepada AJNN, Selasa (1/11) mengatakan, untuk kebutuhan air baik untuk mandi maupun memasak, siswa yang tinggal di asrma putra dan putri, selama ini mengunakan air yang ada di saluran irigasi. Katanya, air tersebut sangat tidak terjamin bagi kesehatan siswa.

Dia menyebutkan, sarana air bersih untuk siswa-siswi yang diharuskan mondok di asrama sekolah tersebut tidak pernah tersedia. Walaupun telah dilakukan penggalian sumur bor. Namun persoalan yang menimpa anak didik sekolah itu, seperti tidak mendapat perhatian serius dari Dinas Pendidikan Pidie Jaya.

"Untuk menyuplai air ke asrama putra dan putri dari air saluran irigasi, kami, pihak sekolah harus memakai tiga pompa besar. Belum lagi pompa-pompa itu sering kali mengalami kerusakan yang disebabkan penggunaan yang terlalu lama," keluh Husna.

Husna menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memperoleh air bersih. Bahkan dengan menggali sumur bor, namun debit air dari sumur bor tersebut tidak bertahan lama, bahkan sumur bor yang di bangun oleh Dinas Pendidikan yang menghabiskan Rp 100 juta hanya bertahan satu tahun.

Ia sangat mengharapkan perhatian serius dari pemerintah setempat agar membantu permasalahan air yang terjadi di sekolah tersebut.

Komentar

Loading...