Unduh Aplikasi

Asa dari Dua Desa Bertuah

Asa dari Dua Desa Bertuah
Acara tepung tawar untuk Ali Basrah, kandidat di Pilkada AcehTenggara 2017.

ACEH TENGGARA - Membahas dan membicarakan kepemimpinan Aceh Tenggara, belum lengkap rasanya jika tak menyinggung Pulonas dan Mbarung. Dua desa (kute) di Kecamatan Babussalam ini adalah daerah bekas kerajaan yang dipimpin Raje Bintang dan Panglima Perang Datuk Seudane.

Di era modern, ​desa ini banyak "melahirkan" pemimpin. Usai berpisah dari Aceh Tengah pada 26 Juni 1974, dari daerah ini muncul putra daerah yang berkontribusi dalam pembangunan Aceh Tenggara. Seperti HT Johan Sahbuddin Selian, anak dari Raja Gindo, kejerun Kerajaan Pulonas. Bupati Agara ke-4 Syahbuddin BP, Bupati Agara ke-5, Armen Desky dan bupati ke-6 Hasanuddin B sampai Pj Bupati Marthin Desky.

Kendati bukan lahir di Pulonas, namun sebelum terpilih, rata-rata bupati, dan Ketua DPRD Aceh Tenggara (atau sekarang DPRK) merasakan tempaan tanah Pulonas. Sebut Sahudin Desky, Satibun Desky dan Irwandi Desky. Mereka besar dan menetap serta menuai sukses menjadi orang "penting".

Beberapa jam menjelang pergantian 2016 ke 2017, Jumat pekan lalu, Jumat,30 Desember 2016, masyarakat Pulonas mencoba melanjutkan tradisi kepemimpinan ini dengan menepungtawari Calon Bupati nomor urut 2, Ali Basrah, putra kelahiran Kute Pulonas.

​Di Mbarung yang sejuk dan tenang, hampir seluruh tokoh kampung bertuah Mbarung dan Barung Datuk Seudane memberikan restu kepada Ali Basrah untuk berlaga pada Pemiluhan Kepala Daerah Aceh Tenggara 2017.

Doa dan restu bergantian disampaikan kepada Ali Basrah dan Asnawati, istrinya. Dalam acara yang hikmat itu, terlihat Armen Desky, Kaman Desky, Marthin Desky, Salimuddin Desky, Sehaddin Desky. Mereka membaur bersama ribuan AMbarung dan Kute Datuk Seudane.

​Mbarung dan Pulonas, menurut Salimuddin Desky, hampir tak ada beda. Dua desa ini adalah tempat lahir dan berkembang. Bergaul dan mengembangkan rasa persaudaraan. Warga di dua daerah ini saling menjaga dan memberikan rasa aman.

​Karena itu, kata Salimuddin, warga Mabrung dan Mbarung Datuk Seudana harus memberi dukungan penuh dan memenangkan pasangan Ali Basrah dan Deni Febrian Roza sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tenggara pada Pilkada 15 Februari 2017.

"Sukses putra Pulonas juga merupakan sukses warga Mbarung. Demikian juga sebaliknya,” kata Armen Desky menambahkan. ​

Asa dan harapan serta doa dan restu dari dua kampung bertuah; Pulonas dan Barung, menjadi modal bagi Ali Basrah untuk bertarung di pilkada, Februari nanti.

Komentar

Loading...