Unduh Aplikasi

Arus Lalu Lintas di Kota Kualasimpang akan Diubah, Awal Juli Diuji Coba

Arus Lalu Lintas di Kota Kualasimpang akan Diubah, Awal Juli Diuji Coba
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang akan merubah arus lalu lintas di pusat Kota Kualasimpang. 1Juli 2019 mendatang akan diuji coba atau rekayasa lalu lintas.

"Perubahan arus lalu lintas dilakukan untuk penataan Kota Kualasimpang," kata Bupati Aceh Tamiang, Mursil, saat memimpin kegiatan Ekspos Finalisasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas pada kawasan Central Business District (CBD) Kota Kualasimpang, Selasa (25/6).

Kata Mursil, penataan Kota Kualasimpang sudah lama direncanakan. Bahkan untuk kelancaran prosesnya, pemerintah telah menggelar rapat beberapa kali dengan pihak-pihak terkait.

"Selain penataan kota, perubahan arus lalu lintas dilakukan karena tingginya pergerakan lalu lintas dikawasan kota," kata Mursil.

Identifikasi masalahnya, kata Mursil, yaitu terdapat beberapa simpangan yang terlalu kecil, masih bercampurnya kendaraan pribadi dengan kendaraan angkutan barang dan letak parkir serta pedagang kaki lima tidak teratur.

Perubahan juga dilakukan untuk meningkatkan aksebilitas dan kenyamanan masyarakat dan pengguna jalan.

Sirkulasi arah lalu lintas yang akan diubah di Kota Kualasimpang.

Dalam rapat finalisasi kemarin, ujicoba rekayasa lalu lintas akan dilaksanakan pada tanggal 01 Juli mendatang.

Arah uji coba yang akan dilakukan yaitu, arus lalu lintas dari Banda Aceh menuju Medan akan mengalami perubahan, yakni lurus dari jembatan Sungai Tamiang menuju Pasar Pagi (Jalan Cut Nyak Dhien) hingga simpang Stasiun Kereta Api lama, kemudian berbelok ke kanan menuju Jalan S. Parman hingga perempatan Rumah Dinas Kapolres, kemudian belok ke arah kiri menuju jalan Iskandar Muda.

Sementara arus lalu lintas dari Medan ke Banda Aceh, dibagi menjadi dua rute. Rute pertama, yakni setelah melewati pertigaan Satlantas, berbelok ke kanan atau jalan Iskandar Muda, kemudian melewati pertigaan pasar pagi terus ke kiri menuju arah jembatan.

Sementara khusus bagi kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat, setelah pertigaan Satlantas, dapat langsung lurus menuju Jalan Mayjend Sutoyo (melewati markas Pemadam Kebakaran) sebagaimana arus kendaraan yang telah ada.

Selaku Bupati, Mursil berharap agar masyarakat Aceh Tamiang dapat mendukung langkah-langkah penataan yang dilakukan Pemerintah, demi terwujudnya Kota Kualasimpang yang tertib, nyaman, dan bersih.

Komentar

Loading...