Unduh Aplikasi

Arfah, Bocah Gizi Buruk Asal Gayo Lues Butuh Bantuan Pengobatan

Arfah, Bocah Gizi Buruk Asal Gayo Lues Butuh Bantuan Pengobatan
Arfah, bocah gizi butuh dipangkuan Ketua C-Four, Ratna Eliza. Foto: Ist

BANDA ACEH - Arfah Arsila, bocah yang masih berumur dua tahun ini terbaring lemas dipangkuan ibunya Maymunah.

Arfah merupakan bocah yang hidup dari keluarga miskin. Anak ketiga dari pasangan Khalled dan Maymunah ini merupakan warga Desa Rempelan Pinang, Kecamatan Terangun, Kabupaten Gayo Lues.

Arfah sudah lama menderita sakit yang tidak kunjung sembuh. Namun karean tidak punya biaya, sakit itu terus menggerogoti tubuh mugil Arfah.

Kini Arfah sudah berada di Kota Banda Aceh untuk menjalani perobatan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA). Arfah dan keluarga didampingi oleh lembaga anak kanker Aceh, Children Cancer Care Community (C-FOUR).

Ketua C-Four, Ratna Eliza menceritakan bagaimana kisah Arfah yang harus berjuang melawan penyakitnya itu. Ia dan keluarga tiba di Banda Aceh, Kamis (24/10) dini hari dari Bener Meriah.

"Semalam keluarganya telepon saya, mau ke Banda Aceh tapi tidak punya biaya bayar ongkos mobil, kemudian saya suruh berangkat terus nanti bayar di Banda Aceh," kata Ratna Eliza saat menceritakan kondisi Arfah.

Setelah sampai di Banda Aceh, Ratna bersama pengurus C-Four langsung membawa Arfah ke RSUDZA untuk melakukan pemeriksa. Dimana hasil pemeriksaan awal, Arfa hdidiagnosa mengalami gizi buruk tipe marasmus.

"Didiagnosa awal Arfah mengalami gizi buruk dan cerebral palsy," ungkap Ratna Eliza.

Untuk sementara ini, Ratna mengungkapkan kalau Arfah dan keluarga tinggal di rumah singgah milik C-Four selama berobat di RSUDZA.

"Kedepan akan dilakukan tindakan oleh dokter, apalagi kedua mata Arfa sudah tidak bisa melihat lagi," ujarnya.

Ratna yang selama ini sering mendampingi anak-anak kanker dari keluarga miskin ini mengharapkan kepada para dermawan untuk bisa membantu keluarga Arfah. Apalagi orang tua Arfah sehari-hari tidak memiliki pekerjaan tetap.

"Orang tuanya tidak memiliki pekerjaan tetap, paling-paling kalau ada disuruh membersihkan kebun orang, baru ada pekerjaan. Makanya saya mengharapkan semoga ada orang yang mau membantu keluarga Arfah," ujarnya.

Bagi yang ingin membantu keluarga Arfah, kata Ratna, bisa menghubunginya atau datang langsung ke rumah singgah C-Four.

"Bisa hubungi saya yang ingin membantu ke nomor 0821-6508-0101, atau bisa kirim rekening BRI .0037.01.014766.53, 6. An. Children cancer care commumity. Atau bisa datang ke rumah singgah di jalan Sepat No 3, Lampriet," kata Ratna.

Penelusuran penyakit yang diderita Arfah

Gizi buruk tipe marasmus merupakan keadaan dimana seorang anak mengalami defisiensi energi dan protein. Umumnya kondisi ini dialami masyarakat yang menderita kelaparan. Gizi buruk tipe marasmus adalah suatu keadaan dimana pemberian makanan tidak cukup atau higiene yang jelek.

Cerebral palsy atau lumpuh otak adalah penyakit yang menyebabkan gangguan pada gerakan dan koordinasi tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan perkembangan otak, yang biasanya terjadi saat anak masih di dalam kandungan. Gangguan perkembangan otak ini juga dapat terjadi ketika proses persalinan atau dua tahun pertama setelah kelahiran.

Komentar

Loading...