Unduh Aplikasi

April 2016, Iuran BPJS Kesehatan Naik

April 2016, Iuran BPJS Kesehatan Naik
BANDA ACEH - Mulai April 2016 tarif iuran BPJS Kesehatan naik. Kenaikan ini berlaku bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI) dan peserta non PBI dari golongan peserta bukan penerima upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja.

Kepala Departemen Manajemen Pelayanan Ruukan BPJS Kesehatan Divisi Regional Sumbagut, sari Quratul Ainy menyebutkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) no 19 tahun 2016 terdapat beberapa perubahan penting yang perlu diketahui masyarakat.

"Dimana pemerintah telah menaikkan iuran jaminan kesehatan bagi peserta PBI dari Rp19.225 per orang perbulan menjadi Rp23.00 per orang perbulannya, dan ini sudah ditetapkan mulai 1 Januari 2016," katanya pada Konferensi Pers sosialisasi perpres no 19 tahun 2016 tentang jaminan kesehatan, Rabu (16/3).

Selain itu, lanjutnya iuran jaminan kesehatan bagi peserta pekerja peneriman upah (PPU) yang terdiri dari pegawai negeri sipil, TNI dan Polri, pejabat negara, pimpinan DPRD dan pegawai pemerintah non PNS sebesar 5 persen dari gaji atau upah perbulannya.

"Dalam Perpers tahun ini setiap pimpinan DPRD dan anggotanya diwajibkan ikut menjadi peserta BPJS, pada perpres sebelumnya tidak ada," jelasnya.

Sedangkan iuran jaminan kesehatan bagi peserta bukan penerima upah untuk kelas III naik dari Rp 25.500 perorang perbulan menjadi Rp 30.000 perorang perbulan, kelas II naik dari Rp 42.500 perorang perbulan menjadi Rp 51.000 perorang perbulan, dan kelas I naik dari Rp 59.500 perorang perbulan menjadi Rp 80.000 perorang perbulan.

"Kenaikan iuran peserta PBPU ini mulai berlaku mulai April 2016," katanya.

Sementara Ketua Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Aceh, Marzuki mengatakan dengan adanya perpres ini pihaknya akan memaksimalkan pelayanan di setiap Rumah Sakit yang ada di Aceh.

"Dengan adanya perpres ini, pelayanan akan ditingkatkan, tidak hanya di rumah sakit saja. Puskesmas juga akan kita tingkatkan," katanya.

Komentar

Loading...