Unduh Aplikasi

APBK Aceh Singkil 2017 Rp 898 Miliar Lebih

APBK Aceh Singkil 2017 Rp 898 Miliar Lebih
Plt Bupati Aceh Singki menandatangani nota kesepakatan KUA-PPAS APBK Tahun 2017. Foto: Edi Putra

ACEH SINGKIL - Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten (TAPK) dan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil menyepakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) setempat sebesar Rp 898 miliar lebih.

Kesepakatan tersebut sebagaimana tertuang dalam Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Platfon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBK Tahun 2017 yang ditandatangani oleh Plt Bupati Aceh Singkil Asmauddin, dan Ketua DPRK Mulyadi dalam Sidang Paripurna, Senin (19/12).

Dalam laporanya, juru bicara banggar Amaliun menyebutkan pendapatan daerah yang semula diprediksi sebesar Rp 861 miliar bertambah menjadi Rp 898 miliar. Dana tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 49 miliar, dana perimbangan Rp 585 miliar , sedangkan lain-lain pendapatan yang sah Rp 226 miliar

"Selanjutnya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) tahun anggaran sebelumnya sebesar Rp 36 miliar, terdiri dari asumsi silpa dan kegiatan-kegiatan SKPK yang akan dilanjutkan ke tahun 2017, dengan demikian total pendapatan tahun 2017 diprediksi sebesar Rp 898 miliar," kata Amaliun.

Pendapatan tersebut akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan belanja daerah tahun 2017, dengan rincian belanja tidak langsung sebesar Rp 414 miliar, dan belanja langsung senilai Rp 484 miliar. Sehingga antara Pendapatan dan Belanja dalam posisi berimbang.

"Belanja daerah pada pagu awal diprediksi Rp 888 miliar, setelah pembahasan menjadi Rp 898 milair, dengan begitu Pendapatan dan Belanja diproyeksikan berimbang," imbuh Amaliun.

Sementara itu usai penandatangan KUA-PPAS, Plt Bupati Aceh Singkil Asmauddin berharap saat penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) melakukan efesiensi dan efektifitas penganggaran yang berbasis kinerja.

"Setelah nota kesepahaman ini, akan segera rancangan APBK tahun 2017, saya harap itu sesuai dengan harapan kita semua," kata Asmauddin.

Komentar

Loading...