Unduh Aplikasi

APBK Aceh Jaya 2021 Disepakati Rp 971,7 Miliar

APBK Aceh Jaya 2021 Disepakati Rp 971,7 Miliar
Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB menandatangani dokumen kesepakatan bersama APBK Aceh Jaya tahun 2021. Foto: For AJNN

ACEH JAYA  - Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya menyepakati rencana pendapatan, belanja dan pembiayaan Kabupaten Aceh Jaya tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 971.077.008.743,-

Besaran APBK tahun 2021 yang ditetapkan dalam Rapat Paripurna Ke-VII Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 itu lebih sedikit dibanding tahun 2020 lalu yang mencapai Rp 1.002.403.246.481 

Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB dalam sambutannya menyampaikan, tema pembangunan Kabupaten Aceh Jaya tahun 2021 adalah percepatan pembangunan berkualitas melalui pendidikan berdaya saing yang didukung oleh infrastruktur terintegrasi dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Tema tersebut dijabarkan ke dalam 5 (lima) prioritas pembangunan yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan dinul Islam, pengurangan kemiskinan dan peningkatan ekonomi daerah, infrastruktur terintegrasi dan berkelanjutan serta peningkatan profesionalisme pelayanan publik.

Ia menambahkan, kalau rancangan KUA dan PPAS yang disepakati dalam sidang paripurna DPRK pada hari ini sudah melewati pembahasan yang alot dan melelahkan, baik ditingkat TAPK juga bersama-sama dengan badan anggaran DPRK Aceh Jaya, sehingga diharapkan menghasilkan dokumen anggaran yang berkualitas, terutama dalam mengakomodir berbagai kebutuhan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Aceh Jaya.

"Kita sadari bersama bahwa, di tengah kondisi keterbatasan anggaran terutama akibat berkurangnya alokasi dana transfer dari pusat yang cukup signifikan, arah dan kebijakan belanja pembangunan belum mampu mengakomodir semua kebutuhan pembangunan pada tahun 2021," katanya. 

Bupati berharap kebutuhan belanja yang belum mampu terdanai dalam KUA PPAS ini, nantinya mampu dianggarkan kembali dalam perubahan APBK Aceh Jaya tahun 2021.

Komentar

Loading...