Unduh Aplikasi

Aparat Gabungan Kawal Ketat Penyaluran Surat Suara di Pidie Jaya

Aparat Gabungan Kawal Ketat Penyaluran Surat Suara di Pidie Jaya
Kapolres Pidie AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar SIK bersama Dandim 0102 Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP memantau proses penyaluran kertas suara Pilkada Pidie Jaya. Foto: Muksalmina

PIDIE JAYA - Sebanyak 111.878 surat suara Pilkada Pidie Jaya 2018 disalurkan ke 270 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di delapan kecamatan dalam Kabupaten Pidie Jaya. Penyaluran logistik Pilkada Pidie Jaya tersebut mendapat pengawalan ketat dari pihak TNI/Polri.

"Sebelum dikirim ke setiap TPS besok pagi, hari ini logistik terlebih dulu dikirim ke PPK setiap kecamatan," kata Kasubag Program dan Data Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya, Masykur kepada AJNN, Selasa (26/6).

Dikatakannya, jumlah surat suara tersebut sudah termasuk penambahan 2.5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Masykur menambahkan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pilkada kali ini tidak melakukan rekap atau pleno di TPS. Rekap PPS dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan mengunakan formulir DAA.

"Pilkada kali ini PPS tidak melakukan rekap, rekap akan dilakukan oleh PPK mulai tanggal 27 hingga 29 Juni. PPS hanya mengumumkan hasil di masing-masing gampong," jelasnya.

Untuk penetapan hasil atau pleno KIP, lanjutnya, akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 6 Juli 2018.

Pantauan AJNN, penyaluran logistik Pilkada Pidie Jaya 2018 dikawal ketat oleh TNI/Polri. Kapolres Pidie AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar SIK, dan Dandim 0102 Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP turut memantau proses penyaluran kertas suara.

Kapolres Pidie AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar SIK saat memantau penyaluran kertas suara di kantor KIP kepada wartawan mengatakan, pelibatan ratusan TNI/Polri untuk menjamin keamanan kepada masyarakat yang akan mengunakan hak suaranya besok.

Sementara itu, Kapolres Pidie itu merincikan, sebanyak 595 anggota polisi ditambah 100 personil Brimob Polda Aceh dan 397 anggota TNI dikerahkan untuk mengamankan Pilkada Pidie Jaya.

"Kondisi dan situasi Pidie Jaya menjelang pemungutan dan perhitungan suara aman terkendali, dan tidak ada tanda-tanda yang mengancam situasi Pilkada," sebut mantan Kabag Jarlat Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Aceh itu.

Komentar

Loading...