Unduh Aplikasi

Apa itu Kantor Staf Presiden? Apakah Bisa Kerja Nyambi-nyambi?

Apa itu Kantor Staf Presiden? Apakah Bisa Kerja Nyambi-nyambi?
Andi Mallarangeng. Foto: IST.

Oleh Andi Mallarangeng

Saat ini di jaman Presiden Jokowi ada sesuatu yang baru yaitu Kantor Staf Presiden. Dengan kepala kantor pak Moeldoko, Jendral Bintang empat.

Sebelumnya memang tidak ada, baik di jaman pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga tidak ada lembaga tersebut. Walaupun sudah ada "West Wing". West Wing ini semacam terminologi di Amerika untuk mendeskripsikan sayap barat kantor di Gedung Putih yang diisi oleh staf- staf presiden, yang ditunjukkan bersamaan dengan naik turunnya presiden.

West Wing ini dipimpin oleh Chief of Staff (Kepala Kantor Staf Presiden) oleh sebab itu kita bisa bayangkan bahwa Konsep kantor Staf Presiden di negara kita, mengikuti contoh dari Amerika Serikat, walaupun tidak sama persis.

Memang Presiden itu adalah lembaga. Walaupun orangnya cuma satu dan ditambah satu orang Wakil Presiden, akan tetapi itu adalah lembaga. Sama seperti lembaga-lembaga lainnya seperti DPR, MPR dan lainnya.

Sehingga penting juga bahwa lembaga kepresidenan mempunyai kapasitas untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai macam kebijakan. Atau mengembang berbagai macam kebijakan juga mengelola komunikasi dengan publik maupun pengaturan berbagai macam tugas dari staf yang membantu presiden.

Pada masa Pak SBY, tidak ada Kantor Staf Presiden. Akan tetapi presiden menunjuk beberapa staf khusus termasuk saya sebagai juru bicara bidang domestik internal dan Dino Patti Djalal bertugas untuk isu-isu internasional. Kami semua melapor kepada Presiden, jadi tidak ada Kantor Staf yang mengelola secara khusus tentang itu.

Secara administratif kami diatur oleh Sekretaris Negara. Tapi secara profesional bertanggungjawab langsung kepada Presiden.

Kalau pak Jokowi dengan Kantor Staf Presiden-nya, memang melembaga adanya kantor yang diisi oleh staf-staf Presiden dengan kepala Kantornya.

Apa saja tugas dari Kantor Staf Presiden itu?

Dalam Peraturan Presiden RI nomor 83 tahun 2019 tentang Kantor Staf Presiden, yang berisi Kantor Staf Presiden, mempunyai tugas menyelenggarakan, atau pemberian dukungan, kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan  pengendalian program,  prioritas nasional, komunikasi politik dan pengelolaan isu strategis.

Yang kemudian dibreak down lagi untuk memastikan program prioritas tersebut sesuai dengan visi dan misi Presiden. Pemberian dukungan percepatan program prioritas nasional dan isu strategis. Monitor dan evaluasi dari hal tersebut. 

Bahkan penyelesaian masalah secara komprehensif, terkait penyelesaian program prioritas nasional yang dalam pelaksanaannya mengalami hambatan.

Ini kira-kira mengambil fungsi UKP4 yang dulu pernah ada pada jaman Presiden SBY. Terkait mengelola isu strategis artinya mengelola isu yang berkembang di masyarakat yang berhubungan dengan pembangunan, politik, kebijakan Presiden dan sebagainya.

Bahkan pengelolaan strategi komunikasi di lembaga kepresidenan. Ada pengelolaan strategi komunikasi politik, dan deseminasi informasi dan pelaksanaan fungsi lain dari lembaga kepresidenan, jadi luas sekali.

Artinya tugas dari KSP ini penting dan berat. Itulah tugas, fungsi wewenang dari kantor staf Presiden. Tentu saya berujung pada kepala Kantornya. Ini tugas yang luar biasa.

Jika dibandingkan Kepala Staf Presiden Amerika, wewenang KSP di Indonesia, lebih luas, lebih kuat dan lebih powerfull.

Kalau sedemikian luas dan penting tugas dari staf dan Kepala Kantor Staf Presiden, bagaimana mana mungkin sambil "Nyambi-nyambi". Biasanya full time.

Saya bisa bayangkan, dengan tugas 24 jam mendampingi Presiden, masih bisa nyambi-nyambi, misalnya jadi ketua umum partai atau terlibat konflik dan terlibat dalam pengambilalihan partai politik lain dan konfliknya berkepanjangan.

Jadi bagaimana bisa memfokuskan dirinya kepada tugasnya yang begitu penting dan begitu luas. Pertanyaan ini tentu hanya bisa dijawab oleh yang bersangkutan sendiri atau atasannya.

Penulis adalah Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...