Unduh Aplikasi

Antropolog Dukung Penerapan Darurat Sipil di Indonesia

Antropolog Dukung Penerapan Darurat Sipil di Indonesia
Teuku Kemal Fasha. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Pengamat Antropolog, Teuku Kemal Fasya mendukung rencana kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pembatasan sosial skala besar perlu diterapkan serta kebijakan darurat sipil perlu dijalankan.

“Menurut saya kebijakan Jokowi merupakan sebuah kebijakan yang tepat untuk penanganan daerah, agar lebih luas untuk penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia,” kata Teuku Kemal Fasya kepada AJNN, Rabu (1/4).

Kemal menjelaskan Pemerintah Jokowi juga memberikan stimulus bagi perekonomian masyarakat, termasuk relaksasi pembayaran pajak, dan anggaran yang diperuntukkan guna proses Covid-19 ratusan triliun dari anggaran APBN, anggaran itu untuk pemulihan dari dampak Corona.

“Menurut saya kebijakan tersebut belum ke darurat sipil karena Jokowi akan mengevaluasi hingga 14 hari ke depan. Jika situasi sudah memburuk, baru akan dilakukan darurat sipil. Dan itu lebih baik dari permintaan netizen yang meminta lockdown total,” ujarnya.

Baca: Jokowi Perintahkan Pembatasan Sosial Skala Besar dan Darurat Sipil

Menurutnya yang dilakukan pemerintah tersebut merupakan tahapan yang juga melihat dari dampak penanganan Covid-19 di beberapa negara, misalnya, di India gara-gara lockdown sudah menyebabkan masyarakat kelaparan, jangan sampai warga mati gara-gara kelaparan.

“Kalau kami lihat pemerintah juga sudah memberikan kompensasi terhadap sosial, dengan menggratiskan listrik yang 450 volt, dan itu sangat membantu masyarakat. Dan ada banyak stimulus lain yang dilakukan terhadap problem hilir Covid-19,” ungkapnya.

Yang paling penting perlu diingat, sambung Kemal, semua negara di dunia tidak siap untuk menghadapi situasi Covid-19, sehingga setiap negara membuat asisman kebijakan sehingga dapat juga dicontoh oleh negara lain.

“Dibandingkan dengan negara lain, tingkat dampak Covid-19 di Indonesia lebih rendah, dibanding Singapura dan Malaysia. Dan secara umum kebijakan Jokowi ini paling baik untuk kondisi kita,” imbuhnya.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...