Unduh Aplikasi

INTERMESO

Antrean Tak Tertunggu

Antrean Tak Tertunggu
Ilustrasi: pinterest.

ANTREAN panjang calon jamaah haji adalah permasalahan serius. Seorang yang mendaftarkan haji hari ini, di Aceh, baru bisa berangkat 30 tahun lagi. 

Itu kalau jamaah haji Indonesia bisa berangkat setiap tahun. Antrean panjang ini akan semakin tak tertunggu jika Pemerintah Indonesia terus gagal memberangkatkan jamaah haji seperti dalam dua tahun terakhir. 

Setiap tahun, Indonesia mendapatkan kuota 210,000 jamaah haji dari Kerajaan Arab Saudi. Aceh hanya kebagian 4.187 dari porsi itu. Padahal hingga saat ini, terdapat 127.000 calon jamaah yang menunggu diberangkatkan.

Ada banyak saran untuk mengatasi hal ini. Namun tak ada satupun saran itu yang dijalankan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kewenangan yang diatur dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh. 

Kewenangan ini memberikan hak kepada Pemerintah Aceh untuk mengatur sendiri urusan agama, termasuk di dalamnya urusan memberangkatkan jamaah haji ke Tanah Suci. 

Tentu saja hal ini butuh keseriusan. Bukan sekadar janji pemanis bibir. Para pemimpin di Aceh seharusnya menganggap serius urusan perjalanan haji ini, sama seriusnya dengan urusan gaji atau pembagian kue Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh. 

Membiarkan calon jamaah haji menunggu 30 tahun jelas bukan tindakan yang manusiawi. Bahkan para pejabat di Kementerian Agama Aceh dan Pemerintah Aceh seharusnya tidak berkilah dan berlindung dengan berbagai aturan saat melihat susahnya orang Aceh menyempurnakan keislaman mereka.

Semua pemangku kepentingan harus duduk bersama membahas masalah ini dan menyegerakan jalan keluar. Tak usah pakai politik-politikan, apalagi hitung-hitungan bisnis. Sesekali, kedepankanlah nurani. 

Komentar

Loading...