Unduh Aplikasi

Antisipasi Penyebaran Corona, Jasad RN Dimakamkan Sesuai Protokol Kesehatan

Antisipasi Penyebaran Corona, Jasad RN Dimakamkan Sesuai Protokol Kesehatan
Pemakaman RN, warga Bukit, Bener Meriah. Petugas memakamkan jasad Rn sesuai protokol kesehatan karena hasil tes rapid menunjukkan potensi tertular covid-19. Foto: Fauzi Cut Syam/AJNN.net.

BENER MERIAH - Tim Gugus Tugas Covid-19 Bener Meriah memakamkan RN, 64 tahun. Wanita asal Kecamatan Bukit itu dimakamkan dengan protokol kesehatan.

RN meninggal dunia dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Muyeng Kute, Bener Meriah. Jasadnya segera dimakamkan setelah pihak rumah sakit menyempurnakan fardu kifayah terhadap RN.

“Kami mempertimbangkan untuk memakamkan RN sesuai protokol kesehatan karena hasil tes menunjukkan almarhum reaktif,” kata wakil juru bicara tim gugus tugas, Wahidi, Rabu (29/7).

RN dirawat di Muyang Kute sekitar pukul kemarin, sekitar pukul 16.30 WIB. Rumah sakit, sesuai standar, melakukan tes rapid. Hasil tes menunjukkan pasien berpotensi tertular corona.

Pihak rumah sakit juga mengobservasi dan mengambil sejumlah tindakan medis untuk memulihkan kesehatannya. Saat akan dirujuk ke RSUDZA, RN mengalami sesak napas dan meninggal dunia tak lama kemudian.

Menurut Wahidi, penanganan pemakaman secara protokol penanganan covid-19 dilakukan untuk meminimalisir dampak penularan. Langkah ini, kata Wahidi, untuk melindungi para petugas medis yang terlibat mengurus jenazah RN.

Kepala Dinas Kesehatan Bener Meriah, Iswahyudi Haryono, mengatakan hasil tes usap RN telah dikirim ke Banda Aceh. Hasilnya akan diketahui dalam dua hari ke depan.

Komentar

Loading...