Unduh Aplikasi

Antisipasi Pemberlakuan Lockdown, Pemkab Aceh Barat Data Warga Kurang Mampu

Antisipasi Pemberlakuan <i>Lockdown</i>, Pemkab Aceh Barat Data Warga Kurang Mampu
Ilustrasi. Foto: Riaumandiri.id

ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mendata warga kurang mampu untuk diberikan bantuan masa panik bagi warga yang terdampak Coronavirus Disease atau Covid-19.

Bupati Aceh Barat, Ramli MS, mengatakan pendataan dilakukan guna diberikan bantuan berupa sembako jika nantinya lockdown atau karantina wilayah jadi dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

“Saat ini kita sudah mendata warga kurang mampu, untuk nantinya akan diberi bantuan sembako apabila Pemerintah Pusat sudah memberlakukan lockdown. Ini kita lakukan juga sebagai bentuk kepedulian kita,” kata Ramli MS, Kepada Wartawan, disela-sela melihat kesiapan Posko perbatasan pemeriksaan COVID 19.

Ramli menjelaskan, apa yang dilakukan tersebut juga tidak terlepas dari aspirasi masyarakat selama ini yang meminta adanya bantuan apabila diberlakukan lockdown nantinya.

Ramli menjelaskan saat ini Pemerintah Kabupaten setempat melalui Pemerintah Desa juga sudah menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

“Saat ini kita juga sudah salurkan bantuan sembako kepada ODP. Di daerah kita ada empat yang ODP. Untuk PDP tidak ada,” kata dia.

Ramli mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dalam mengahadapi virus SARS-CoV-2 yang saat ini dinyatakan pandemi oleh World Healt Organizing (WHO) tersebut, dengan terus berprilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS, seperti biasakan cuci tangan setelah maupun sebelum beraktivitas.

Ia juga meminta kepada masyarakat, setempat tidak menerima informasi-informasi yang tidak pasti atau hoax.

“Masyarakat jangan panik dan tetap tenang. Biasakan hidup sehat jangan lupa cuci tangan usai beraktivitas, dan yang terpenting jangan lupa berdoa dan berzikir,” ujarnya.

Komentar

Loading...