Unduh Aplikasi

Antisipasi Lonjakan Harga, Bulog Meulaboh Siapkan 1,600 Ton Beras

Antisipasi Lonjakan Harga, Bulog Meulaboh Siapkan 1,600 Ton Beras
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Meulaboh, menyiapkan 1.600 ton beras kualitas medium dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga beras di pasaran .

Stok beras sebanyak 1,600 ton tersebut disiapkan untuk empat Kabupaten wilayah barat selatan Aceh, meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan Simeulue.

Kepala Bulog Divre Meulaboh, Hafizsyah, mengatakan adanya potensi kenaikan beras terjadi lantaran saat ini bukan musim panen.

"Kita bekerjasama dengan pedagang di pasar untuk menditribusi beras menjamin stabilitas harga dan stok untuk masyarakat. Kita prediksikan beberapa hari kedepan lonjakan harga beras akan terjadi karena saat ini bukan musim panen raya," kata Hafizsyah.

Untuk harga yang dijual Bulog, kata dia, dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 8.600 per Kilogram untuk kualitas medium agar tidak memberatkan masyarakat. Sementara harga Het tertinggi mencapai Rp 9.900.

Agar menjamin distribusi beras tidak diakali, maka pihak Bulog hanya bekerjasama dengan beberapa toko milik pedagang yang dipantau, sehingga harga semula yang di ambil Rp 8.600 bisa dijual lebih tinggi, namun tidak melebihi HET yang telah ditetapkan. Sehingga masyarakat bisa mudah mendapatkan beras dengan harga murah dan kualitas terjamin.

Dalam beberapa pekan ke depan, Hafiz menjamin stabilitas harga beras kualitas medium tidak akan mengalami kenaikan harga.

“Beras akan disalurkan melalui toko yang bekerjasama dengan kita disetiap daerah wilayah kerja, agar lebih mudah didapati oleh masyarakat, kita tidak membuka toko sendiri untuk operasi pasar karena ada beberapa kendala,” sebutnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...