Unduh Aplikasi

Antisipasi erosi, Kodim 0104 tanam 10 ribu pohon bakau

Antisipasi erosi, Kodim 0104 tanam 10 ribu pohon bakau
Tanam bakau, Tanam bakau
LANGSA - Kodim 0104 Aceh Timur melakukan penanaman 10 ribu bibit pohon bakau di Gampong Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat. Penanaman perdana tersebut dihadiri Walikota Langsa, Usman Abdullah,SE, Kasdim 0104 Aceh Timur, Mayor.Inf. Rahmat dan sejumlah SKPK.

Kasdim 0104 Aceh Timur, menyampaikan, penanaman 10 ribu bibit bakau ini merupakan program serbuan teritorial. "Karena ini program teritorial maka selanjutnya kita akan galakkan lagi dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Kata Kasdim, tujuan penanaman untuk mengantisipasi terjadinya erosi di tepi laut. Selain sebagai bentuk kepedulian pemeliharaan lingkungan.

Menurutnya, gundulnya hutan-hutan bakau yang ada di daerah kita bukan hanya semata-mata disebabkan penebangan yang dilakukan oknum-oknum tertentu, tapi juga sebahagian dikarenakan bencana Tsunami beberapa tahun yang lalu.

"Mudah-mudahan penanaman ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan diminta kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kuala Langsa untuk menjaga hutan manggrove yang telah ada," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Langsa, mengatakan, Pemerintah Kota Langsa menyambut baik langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kodim 0104 Aceh Timur, dalam rangka penghijauan kembali hutan-hutan yang telah gundul seperti penanaman ribuan pohon bakau ini, karena, ini demi kelangsungan hidup bagi generasi selanjutnya.

"Hakikat cinta kepada tanah adalah peduli terhadap lingkungan, jadi bukan hanya semata-mata memperingati hari-hari besar saja," katanya.

Selain itu, peduli terhadap lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi ini merupakan tanggung jawab kita semua. Dan, selama ini fungsi kontrol sosial masyarakat terhadap lingkungan sudah mulai berkurang, ini ditandai dengan tidak pedulinya lagi masyarakat terhadap ilegal loging.

Sehingga, saat ini banyak hutan-hutan yang telah ditebang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, karena masyarakat merasa bahwa itu bukan milik kita, dan jika ini terus menerus dibiarkan maka saya yakin beberapa tahun kedepan bumi kita akan hancur dengan sendirinya.

Untuk itu saya berharap kepada kita semua untuk bersama-sama menjaga lingkungan, dan tanamlah bahwa lingkungan yang ada milik kita bersama sehingga kita mempunyai rasa tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Saya berharap penghijauan seperti ini jangan hanya dilakukan oleh Kodim saja, tapi seluruh elemen masyarakat agar bisa melakukan hal yang sama," pintanya.

ASRUL

Komentar

Loading...