Unduh Aplikasi

Antisipasi Dampak Kabut Asap, Pemkab Aceh Barat Bagikan Ribuan Masker

Antisipasi Dampak Kabut Asap, Pemkab Aceh Barat Bagikan Ribuan Masker
Sekdis Kesehatan, Nasufiani, memasang masker pada salah seorang anak, yang sedang melintas di Jalan Gajah Mada. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mulai membagikan ribuan masker untuk mencegah warga kabupaten tersebut terserang insfeksi saluran pernapasan (ispa) yang ditimbulkan dari kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang terus terjadi dua pekan terakhir.

Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Barat, Nasufiani mengatakan pembagian masker dilakukan mengingat kabut asap yang kian menebal menyelimuti kawasan pemukiman terutama di wilayah kota Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

Dikatakannya, pembagian masker tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan warga agar tidak terserang ispa, mengingat kualitas udara yang buruk akibat tebalnya kabut asap.

"Pembagian masker mulai hari ini, ada dua ribu masker yang kami diempat titik meliputi Simpang Kisaran, SD Negeri 8 Suak Raya, SD Percontohan Seuneubok, Jalan lintas Meulaboh-Banda Aceh tepatnya depan Dinkes dan Simpang Kisaran," kata Nasufiani, Kamis (18/7).

Selain di wilayah kota Meulaboh, pihaknya juga akan memerintahkan puskesmas beberapa kecamatan yang dilanda karhutla untuk dilakukan pembagian masker. Pembagian masker bertujuan untuk mencegah adanya korban akibat kabut asap.

Komentar

Loading...