Unduh Aplikasi

Antisipasi Bencana Alam, Polres Pidie dan Bireun Tanam Ribuan Pohon

Antisipasi Bencana Alam, Polres Pidie dan Bireun Tanam Ribuan Pohon
Kapolres Bireun sedang melakukan penanaman pohon serentak. Foto: for AJNN.Net

BANDA ACEH - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pidie, melakukan penanaman pohon secara serentak dalam kawasan pusat perkotaan Kabupaten Pidie, Selasa (14/1).

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, ancaman kekeringan, tanah longsor sekaligus tindak lanjut program Polri Peduli Penghijauan.

Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar, kepada AJNN mengatakan pihaknya melakukan penanaman sebanyak 1000 lebih bibit pohon, di arena gedung Pidie Convention Center (PCC) dan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bersebelahan dengan kantor Bupati Pidie.

"Total 2000 bibit pohon lebih yang telah kita persiapkan, namun untuk hari ini yang kita tanam bersama pemerintah setempat sekitar 1000 lebih dan ini akan terus dilakukan secara bertahap," katanya kepada AJNN.

Adapun jenis bibit pohon yang dilakukan penanaman, jelas Setiawan Siregar, yaitu jenis pohon dengan kriteria dapat menghasilkan buah, daunnya rindang dan berbatang keras.

"Kegiatan penanaman pohon pada hari ini juga untuk mendorong generasi muda agar lebih peduli lingkungan," tuturnya.

Sementara itu, Polres Bireun juga melaksanakan kegiatan serupa dengan melakukan penanaman sebanyak 2020 bibit pohon. Penanaman itu dilakukan di 18 titik secara serentak, guna untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Penanaman pohon serentak juga melibatkan Forkopimda, TNI, Instansi Pemerintahan dan Para Pelajar Tingkat SMA Sederajat di Kabupaten Bireun.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan hasil video Converence Kapolri dengan seluruh jajaran, Kamis (2/1) lalu, terkait program Polri Peduli Penghijauan.

Berdasarkan hal tersebut, Polda Aceh menindaklanjuti arahan Kapolri tersebut sebagaimana tertuang dalam ST/4/BIN.1.8./2020 tanggal 3 Januari 2020.

Tentang perintah melaksanakan kegiatan penanaman pohon secara serentak guna mendukung Program Polri Peduli Penghijauan diseluruh Mako Polri, Asrama Polri, Tanah/lahan Polri yang masih gersang.

“Polres memusatkan di komplek SKB/kantor Dinas P&K dan sisanya 17 titik akan ditanam diwilkum Polsek dan Polsubsektor dengan jumlah lahan penanaman 24 hektare dengan jumlah 2020 batang pohon,” ujar Kapolres Bireun, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan peduli penghijauan.

Ia juga mengimbau seluruh komponen masyarakat agar turut berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan lingkungan alam yang lestari, galakkan budaya menanam menjadi kebutuhan secara berkelanjutan.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...