Unduh Aplikasi

Antisipasi Ancaman Fenomena La Nina, Alutsista Bencana Alam Disiagakan di Wilayah Pasee

Antisipasi Ancaman Fenomena La Nina, Alutsista Bencana Alam Disiagakan di Wilayah Pasee
Foto: Ist

LHOKSEUMAWE - Tim gabungan menyiagakan alat utama system pertahanan (alutsista) guna mengantisipasi ancaman fenomena La Nina yang berpotensi memunculkan bencana hidrometeorologi di wilayah Indonesia.

Tim gabungan yang terdiri dari Korem 011 Lilawangsa, Kepolisian Polres Lhokseumawe, Brimob, BPBD Aceh Utara dan Lhokseumawe, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia dan sejumlah intansi terkait lainnya.

Komandan Korem 011 Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, mengatakan, secara statistik 2020 di Indonesia, sudah terjadi 2059 bencana alam. Dan Aceh satu dari lima provinsi yang rentan alami bencana.

“Kita mengantisipasi ancaman fenomena alam La nina yang berpotensi terjadi angin puting beliung, longsor, banjir dan lainnya. Oleh karena itu, alutsista kita siagakan dari sekarang,” katanya kepada sejumlah awak media usai menggelar apel pasukan, Kamis (5/11).

Dikatakan Danrem, daerah yang kerab terjadi bencana di wilayah hukum Korem 011 Lilawangsa yakni, Aceh Tengah dan Bener Meriah kerab terjadi longsor, Aceh Utara dan Lhokseumawe kerab banjir, serta sejumlah daerah lainnya juga rawan terjadi kebakaran.

“Angka kebakaran juga sangat tinggi di Provinsi Aceh, dalam waktu dekat akan kita laksanakan latihan penanggulangan bencana, serta bagaimana pola operasi dan standar operasi kejadian di lapangan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih,” ungkapnya.

Selesai melaksanakan apel, Danrem juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah perlengkapan alutsista.

“Kami menemukan sejumlah perlengkapan yang mulai rusak, namun pihak BPBD Aceh Utara menyebutkan belum bisa membuat pengadaan baru, karena terkendala pandemi Covid-19,” tuturnya.

Komentar

Loading...