Unduh Aplikasi

Angka kriminal masih tinggi di Abdya

Angka kriminal masih tinggi di Abdya
Liputan6
ACEH BARAT DAYA - Sepanjang tahun 2014 ini, kasus kriminal yang ditangani Polres Aceh Barat Daya (Abdya) mencapai 95 perkara. Dari angka tersebut, hanya 65 perkara dinyatakan selesai. Selebihnya proses penyelidikan dan penyidikan.

"Tahun 2014 ini jumlah kasus kriminal yang menonjol dengan jumlah angka mencapai 95 kasus, Dari angka tersebut, hanya 65 perkara dinyatakan selesai. Sedangkan 30 kasus lagi dinyatakan masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan," kata Kapolres Abdya AKBP, Budi Samekto SIK kepada AJNN dalam ruang kerjanya, Selasa (30/12).

Budi menjelaskan, selain kasus kriminal yang ditangani juga ada beberapa perkara lain, antaranya, kasus narkoba, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kasus laka lantas. "Untuk kasus narkoba yang masuk tindak pidana mancapai 71 persen dengan jumlah 14  kasus. Masih ada 4 kasus lagi yang masih dalam sidik," sebutnya.

Sedangkan kasus KDRT lanjutnya berjumlah 6 kasus. Dari angka tersebut hanya 3 kasus yang dinyatakan selasai, sementara itu, 2 diantaranya masuk DPO dan 1 lagi masih proses penyilidikan, jelasnya.

Kemudian lanjutnya, untuk kasus laka lantas, dihimpun data sepanjang 2014 itu berjumlah 38 kasus, 30 kasus dinyatakan selesai dan selebihnya proses penyilidikan. "Penyelesaian kasus ini mencapai 82 persen," tuturnya.

Lebih lanjut Kapolres Aceh Barat Daya Budi mengatakan,  untuk tahun 2015 mendatang, pihaknya akan berupaya meningkatkan pengawasan sesuai dengan poksi masing-masing dengan tujuan agar mengurangi angka kasus-kasus tersebut.

"Tahun 2015 mendatang akan banyak memuat pencegahan seperti penjahatan dan sebagainya. Namun semua ini harus kerja sama antara kami dengan pemerintah setempat," tuturnya.

Kepada masyarakat Budi berharap, agar selalu menjaga lingkungan, baik individu maupun kelompok harus sama-sama  menciptakan kondisi yang aman dan tentram serta selalu menjaga hubungan baik dengan meningkatkan prepektif lingkungan, harapnya.

Selain dari beberapa kasus tersebut Kapolres juga sempat menyinggung terkait kasus korupsi yang kini sedang menjadi obrolan dimeja kopi yang Insya Allah akan diselesaikan tahun 2015 mendatang. "Perhitungan sudah kita minta pada Kejari dengan tujuan supaya lebih cepat diproses". Demikian kata Budi.


| RAHMAT

Komentar

Loading...