Unduh Aplikasi

Anggota DPRK Aceh Barat Minta Reses, Sekwan Menolak

Anggota DPRK Aceh Barat Minta Reses, Sekwan Menolak
Rapat Banmus DPRK Aceh Barat. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat meminta adanya reses untuk persiapan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Dan Platfon Penggunaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2020. Namun sayangnya permintaan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh Sekretari Dewan (Sekwan).

Sekwan DPRK Aceh Barat, Mulyadi mengatakan pihaknya menolak permintaan dari usulan para anggota DPRK dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) penetapan pembahasan KUA-PPAS perubahan dan KUA-PPAS 2020, serta raqan qanun daerah tersebut. Pasalnya reses itu bertolak belakang dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi dan Kabupaten dan Kota.

"Dalam PP tersebut dijelaskan jika pada pasal 87 ayat 3 yakni masa persidangan meliputi masa sidang dan masa reses, kecuali pada persidangan terakhir dari satu periode keanggotaan DPRD, masa reses ditiadakan. Aturan ini yang kami pegang," kata Mulyadi, Selasa (9/7) usai banmus.

Menurut Mulyadi memang dalam tahun ini ada dianggarkan dana untuk reses sebanyak tiga kali, namun karena aturan tersebut, maka anggaran tersebut tidak dapat digunakan dua kali masa reses, sedangkan untuk sekali masa reses sudah dilakukan.

"Karena anggaran reses tidak bisa dipakai, anggaran ini akan dialihkan ke pos penggunaan lain yang akan diajukan dalam anggaran perubahan, atau akan dikembalikan," jelasnya

Sementara itu, salah seorang anggota DPRK dari Fraksi PAN, Ilyas mengaku akan menjumpai Biro Hukum Pemerintah Aceh untuk melakukan konsultasi terkait dengan aturan tersebut. Apabila ada celah untuk reses setelah konsultasi, pihaknya akan melakukan reses, lantaran reses menurutnya sangat penting dilakukan untuk pembahasan KUA-PPAS.

"Ini kan penting untuk melihat kebutuhan kegiatan di lapangan dengan yang diajukan, apakah sinkron atau tidak," kata Ilyas.

Komentar

Loading...