Unduh Aplikasi

Anggaran Tak Dialokasikan, Tahapan Pilkada 2022 Terancam Tidak Maksimal

Anggaran Tak Dialokasikan, Tahapan Pilkada 2022 Terancam Tidak Maksimal
Ketua KIP Aceh Singkil Edi Sugianto.Foto: AJNN/Khairuman

ACEH SINGKIL - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil menyebutkan, anggaran untuk tahapan Pilkada tidak dialokasikan dalam Rancangan APBK 2021, sehingga dipastikan pesta demokrasi rakyat pada tahun 2022 mendatang terancam pincang dan tidak maksimal.

"Isu pelaksanaan Pilkada Aceh 2022 ke depan gaungnya makin hangat di tengah-tengah Aceh Singkil. Hal ini tentunya selaku penyelenggara harus melakukan berbagai tahapan, namun karena ketiadaan plot anggaran, pelaksanaan tahapan Pilkada terancam tidak maksimal," kata Ketua Ketua KIP Aceh Singkil Edi Sugianto Rabu (04/11/2020).

Soal Pilkada jadi atau tidak, kata Edi, pihaknya masih menunggu arahan dari pimpinan, alasan ketiadaan plot anggaran Pilkada akibat belum adanya regulasi (aturan).

Jadi kata dia, dampak dari belum dikeluarkannya regulasi, Pemkab Aceh Singkil tahun 2021 tidak menganggarkan dana Pilkada.

Edi mengaku pihaknya sudah pernah menyampaikan draft kisi-kisi anggaran ke Pemerintah Daerah, dan itupun standar yang dipakai pada Pilkada Serentak tahun 2020 ini.

"Namun selaku penyelenggara, KIP Aceh Singkil tak mau berpolemik soal Pilkada Aceh 2022 jadi atau tidak dilaksanakan. Sebab Kewenangan mengeluarkan regulasi bukan kewenangan KIP Aceh Singkil",ungkapnya. 

"Yang jelas kami dari penyelenggara 'mengingatkan' kapan saja pilkada di laksanakan kami siap, kalau memang 2022 regulasi harus sudah ada, ini berkaitan dengan anggaran," tandasnya.

Secara terpisah Kepala Bappeda Aceh Singkil, Ahmad Rivai melalui sambungan telepon seluler membenarkan jika belum adanya regulasi menjadi penyebab tidak dianggarkannya dana Pilkada oleh Pemda Aceh Singkil.

Sebagaimana diketahui tidak dianggarkannya dana tahapan Pilkada 2021 untuk 2022 diketahui saat sidang paripurna penyampaian laporan Banggar DPRK pada Senin (2/11/2020).

Ketua DPRK Hasanuddin Aritonang menyebutkan, anggaran dana Pilkada tidak ada di tahun 2021.

"Pada tahun 2021 tidak dianggarkan untuk dana Pilkada," ungkap Aritonang, Ketua DPRK Aceh Singkil, Senin (02/11/2020).

Sementara apabila pada tahun 2022 terlaksana Pilkada, maka pada tahun 2021 sudah berlangsung tahapan Pilkada. 

| KHAIRUMAN

Komentar

Loading...