Unduh Aplikasi

Anggaran Tak Cukup, 43 Desa di Aceh Jaya Belum Bisa Cairkan Dana BLT Tahap III

Anggaran Tak Cukup, 43 Desa di Aceh Jaya Belum Bisa Cairkan Dana BLT Tahap III
Kepala Dinas DPMPKB Kabupaten Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Sebanyak 43 desa dalam kabupaten Aceh Jaya tidak bisa menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 tahap III tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi kepada AJNN Kamis (5/11/2020) mengatakan bahwa berdasarkan data sementara, ada sebanyak 43 desa yang tidak tersedia lagi Dana Desa untuk penyaluran BLT tahap III tahun 2020.

Sementara itu, dari 172 se-Aceh Jaya, baru 9 desa yang sudah menyalurkan dana BLT bulan Oktober 2020.

Reza juga menjelaskan bahwa terkait penyaluran BLT tahap III ini memang tidak semua desa bisa menyalurkannya hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran.

“Untuk tahap III ini, memang tidak semua desa bisa menyalurkan dan BLT, tergantung ketersediaan dana di desa masing-masing," ujar Reza.

"Namun untuk tahap I dan II kemarin masih normal, sementara untuk tahap terakhir ini bulan Oktober, November dan Desember ada desa yang tidak ada lagi anggaran, makanya mereka tidak bisa menyalurkan lagi,” tambah Reza.

Reza juga menyampaikan bahwa setiap desa tersebut jumlah masyarakatnya beda-beda, ada yang banyak dan ada juga yang sedikit, sementara dalam peraturan pembagian dana BLT tersebut bisa dibayarkan oleh pihak desa selama anggaran dana desa masih tersedia.

Oleh sebab itu, DPMPKB Kabupaten Aceh Jaya berharap kepada seluruh keuchik, bersama aparatur gampong untuk tetap menyalurkan dana BLT jika anggaran masih tersedia dengan berpedoman pada peraturan yang ada, serta mengutamakan musyawarah sehingga dana yang disalurkan tersebut benar-benar tepat sasaran dan tidak menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

“Harapannya kepada seluruh keuchik dan aparatur gampong untuk dapat menyalurkan bantuan tersebut sesuai dengan peraturan yang ada, berikan kepada mereka yang benar-benar berhak mendapatkan bantuan BLT,"ujar Reza.

Komentar

Loading...