Unduh Aplikasi

Anak Perusahaan Astra Group di Aceh Barat Tak Pernah Bayar Zakat

Anak Perusahaan Astra Group di Aceh Barat Tak Pernah Bayar Zakat
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Perusahaan Kelapa Sawit anak Astra Group, PT Karya Tanah Subur (KTS) yang beroperasi di Kabupaten Aceh Barat selama ini tidak pernah membayarkan zakat, infak dan sadaqah pada Baitul Mal kabupaten setempat.

Padahal sesuai dengan Qanun Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal, setiap badan usapa apapun yang berusaha di Aceh diwajibkan berzakat.

Kepala Baitul Mal Aceh Barat, Teungku Bachtiar, mengatakan selama ini pihaknya selalu aktif menagih zakat termasuk ke PT KTS yang merupakan group PT Astra Agro Lestari itu, namun perusahaan tersebut terkesan mangkir akan kewajibannya untuk membayar zakat.

"Saat kami tagih mereka berasalan melakukan konsultasi dulu ke pusat, karena selama ini tidak ada aturan mereka di pusat untuk memenuhi kewajibannya," kata Teungku Bachtiar saat dihubungi AJNN, Sabtu (23/5).

Namun, kata dia, hingga saat ini tidak pernah ada sebuah kepastian tentang zakat yang ditagih oleh Baitul Mal kepada PT KTS. Akibat tidak adanya zakat yang dibayarkan membuat penerimaan zakat di Aceh Barat tidak pernah meningkat.

Bukan hanya zakat, kata dia, selama ini infaq secara pribadi dari karyawan perusahaan yang beroperasi di Padang Sikabu, Kecamatan Kaway XVI, juga tidak pernah diberikan oleh perusahaan itu.

"Ini menyebabkan salah satu pendapatan zakat kami tidak pernah meningkat. Padahal kalau mereka mau membayarnya maka penyaluran kepada masyarakat juga akan meningkat," ungkapnya.

Bachtiar berharap, Bupati Aceh Barat dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat turun tangan untuk masalah ini, karena lembaga itu sudah tidak mampu lagi untuk menagihnya yang terus berdalih takut berbenturan dengan aturan pusat.

Sementara itu, Administratur PT KTS, Marwah Nasution saat dihubungi AJNN tidak menjawab panggilan telepon. Pesan singkat yang dikirim juga tak kunjung dibalas.

Komentar

Loading...