Unduh Aplikasi

SUSAHNYA MENGURUS SK PENSIUN

Anak Pensiunan PNS Tak Ada Biaya Sekolah

Anak Pensiunan PNS Tak Ada Biaya Sekolah
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH – Dio Aldi Syaputra (20), tak bisa melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Pasalnya, ia tak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah. Selama ini dirinya berharap dari gaji pesiunan ayahnya, Junawardi (41) yang meninggal dunia pada 22 April 2014, merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Camat Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

Baca: Tiga Tahun Diurus, SK Pensiun PNS di Banda Aceh Tak Kunjung Keluar

Tapi kenyataan itu tidak kunjung menyapa dirinya sampai sekarang. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banda Aceh belum mengeluarkan surat keterangan pensiun ayahnya. Padahal surat itu sudah diurus oleh neneknya, Jusdiana (60), kurun waktu sudah berjalan waktu dua tahun delapan bulan.

“Anak (Junawardi) yang pertama selalu bilang sama saya, Nek kapan Dio kuliah, Dio mau kuliah,” kata Jusdiana kepada AJNN, meniru cucunya waktu meminta kuliah, Senin (12/12).

Jusdiana mengatakan sewaktu sekolah menengah atas, Dio memang di sekolahkan olehnya, namun karena dirinya sudah tua, sehingga tidak sanggup lagi untuk menyekolahkannya. Katanya, Dio selalu meminta kuliah ketika masuk tahun penerimaan mahasiswa baru.

“Sudah dua tahun nganggur. Saya hanya bisa bilang, tunggu keluar gaji pensiun ayahmu dulu, sabar ya,” ujarnya kepada AJNN, mengulang apa yang disampaikan cucunya.

Saat ini, Dio Aldi Syaputra tinggal bersama ibunya di Kuta Pajar, Aceh Selatan. Ibunya hanya bekerja sebagai penjual kopi di warung kecil daerahnya. Bahkan kata Jusdiana, hal yang sama juga disampaikan kepada anak Junawardi yang kedua, Naurah Adinda, yang berkeinginan masuk pesantren.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...