Unduh Aplikasi

Aminullah Canangkan Ateuk Pahlawan dan Baiturrahman sebagai Gampong dan Kecamatan Layak Anak

Aminullah Canangkan Ateuk Pahlawan dan Baiturrahman sebagai Gampong dan Kecamatan Layak Anak
Foto: Ist

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman kembali mencanangkan gampong dan kecamatan layak anak. Setelah mencanangkan Kecamatan Meuraxa dan empat gampong di kecamatan tersebut kemarin, hari ini Rabu (13/11/2019) Aminullah kembali mencangkan Gampong Ateuk Pahlawan dan Kecamatan Baiturrahman.

Pencanangan ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Wali Kota yang didampingi Kadis DP3AP2KB Kota Banda Aceh, Media Yulizar, Camat Baiturrahman, M Rizal, anggota DPRK, Abdul Rafur dan Wakil Ketua TP PKK Kota, Hj Fauziah.

Kata Wali Kota, sejauh ini total sudah ada 7 kecamatan dan 14 gampong di Banda Aceh yang telah dicanangkan sebagai gampong dan kecamatan layak anak.

“Anak-anak sebagai generasi masa depan masih membutuhkan perhatian kita semua. Dengan pencanangan ini semua elemen akan terdorong bekerja keras untuk mewujudkan Banda Aceh sebagai kota yang ramah anak,” kata Aminullah saat memberikan sambutannya.

Dengan pencanangan gampong dan kecamatan layak anak akan mendorong lahirnya kebijakan yang mampu memenuhi semua kebutuhan anak.

“Yang menjadi perhatian kita adalah indentitas. Alhamdulillah anak-anak di Banda Aceh sudah 92 % mendapatkan Kartu Indentitas Anak (KIA), termasuk yang kita serahkan hari ini,” ujar Wali Kota.

Perhatian lainnya, lanjut Aminullah semua anak harus mendapatkan makanan dan asupan yang bergizi untuk tumbuh kembang mereka.

“Kemudian kita juga harus bisa memastikan hak pendidikan, perlindungan dari tindakan diskriminatif hingga persoalan trafficking,” tegas Aminullah.

Kemudian, Wali Kota menegaskan semua anak-anak di Banda Aceh juga harus mendapatkan pendidikan agama sehingga nantinya akan tumbuh sebagai pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Dengan komitmen yang tinggi dari seluruh elemen, Aminullah optimis Banda Aceh akan naik status dari kota layak anak tingkat madya menjadi kota layak anak dengan level lebih tinggi.

Kata Wali Kota, peningkatan status ini dapat diwujudkan dengan kerja keras pemerintah dengan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat kota.

“Target kita pada 2021 semua kecamatan dan gampong di Banda Aceh sudah dicanangkan sebagai gampong dan kecamatan layak anak,” ungkap Aminullah.

Selain itu, Aminullah juga menyebutkan Pemko Banda Aceh terus berupaya menghadirkan berbagai fasilitas dan infrastruktur lainnya yang juga ramah terhadap anak, seperti sekolah, pusat kesehatan, taman bermain dan masjid.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kota Banda Aceh, Media Yulizar merincikan 7 kecamatan dan 14 gampong yang telah dicanangkan. Untuk kecamatan sudah dicanangkan Kuta Alam, Banda Raya, Lueng Bata, Jaya Baru, Ulee Kareng, Meuraxa dan Baiturrahman.

Sementara untuk level gampong sudah dicanangkan Lampaloh, Lampoh Daya, Kota Baru, Lamlagang, Lamseupeung, Punge Blang Cut, Peurada, Lambhuk, Punge Ujong, Punge Jurong, Blang Oi, Alue Deah Teungoh dan Ateuk Pahlawan.

Komentar

Loading...