Unduh Aplikasi

Ambulans Tak Tersedia di Puskesmas, Pasien Lakalantas Dirujuk Pakai Mobil Patroli Polisi

Ambulans Tak Tersedia di Puskesmas, Pasien Lakalantas Dirujuk Pakai Mobil Patroli Polisi
Mobil patroli polisi yang membawa korban kecelakaan dari Puskesmas Ulim ke rumah sakit kabupaten. Foto: Ist

PIDIE JAYA - Salah seorang warga Kecamatan Ulim, korban kecelakaan lalu lintas dirujuk dari Puskesmas Ulim ke Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya mengunakan mobil patroli Polsek kecamatan setempat.

Informasi yang dihimpun AJNN, mobil patroli polisi itu digunakan akibat mobil ambulans yang seharusnya disiagakan di puskesmas tersebut tidak tersedia.

Sumber-sumber AJNN menyebutkan, ambulans Puskesmas Ulim dipakai oleh kepala puskesmas tersebut. Bahkan kejadian serupa hampir terjadi setiap hari.

"Ambulans dibawa pulang oleh kepala puskesmas. Hampir setiap hari ambulans dipakai oleh kepala," kata sumber tersebut.

Terpisah, Kapolsek Ulim Ipda Erwinsyah Putra SH mengatakan, mobil patroli tersebut digunakan karena kondisi pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit. Sementara pada saat itu tidak ada ambulans di puskesmas.

"Tadi pagi saya ditelepon oleh warga, ada kecelakaan lalu lintas, korban awalnya dibawa ke puskesmas. Tapi karena korban mengalami luka serius, sehingga harus dirujuk ke RS. Namun pada saat itu tidak ada ambulans di puskesmas, saya sudah menghubungi kepala puskesmas, katanya dia masih di rumah. Mengingat kondisi korban yang harus segera dirujuk ke RS, saya perintahkan anggota saya untuk mengunakan mobil patroli. Sebab harus segera, tidak mungkin lagi menunggu ambulan," kata Kapolsek Ulim melalui seluler kepada AJNN, Rabu (16/10).

Foto mobil patroli polisi mengantar pasien dari puskesmas ke rumah sakit itu dengan cepat menyebar di media sosial facebook. Sontak membuat warga net membandingkan kondisi tersebut dengan pengadaan mobil dinas untuk pejabat.

"Keu peujabat meu miliar bloe moto, keu rakyat pake moto patroli polisi manteng, (Untuk pejabat miliaran beli mobil, untuk rakyat pakai mobil patroli polisi saja)," tulis salah seorang pengguna facebook.

"Ambulans dijadikan mobil pribadi," tulis netizen lainnya.

Komentar

Loading...