Unduh Aplikasi

Ambulan Tak Stanby di Puskesmas, Kadinkes Pijay: Ini Kesalahan Fatal

Ambulan Tak Stanby di Puskesmas, Kadinkes Pijay: Ini Kesalahan Fatal
Mobil patroli polisi yang membawa korban kecelakaan dari Puskesmas Ulim ke rumah sakit kabupaten. Foto: Ist

PIDIE JAYA - Warga Kecamatan Ulim, Pidie Jaya, yang mengalami kecelakaan lalulintas harus dirujuk dari puskesmas setempat ke rumah sakit mengunakan mobil patroli polisi. Hal itu disebabkan ambulan di Puskesmas Ulim tidak stanby di tempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie Jaya, Munawar Ibrahim yang dikonfirmasi AJNN, Rabu (16/10) membenarkan kalau ambulan puskesmas tersebut digunakan oleh kepala puskesmas.

Namun pihaknya telah mengingatkan Kepala Puskesmas Ulim untuk tidak mengunakan ambulan. Sebab sesuai peraturan, ambulan puskesmas tidak dibenarkan untuk penggunaan pribadi, serta ambulan harus selalu stanby di puskesmas.

"Beberapa waktu lalu saya sudah peringatkan kepala puskesmas untuk stanby mobil di puskesmas. Sesuai aturan, ambulan wajib stanby di puskesmas," katanya via seluler.

Baca: Ambulans Tak Tersedia di Puskesmas, Pasien Lakalantas Dirujuk Pakai Mobil Patroli Polisi

Munawar menegaskan, apa yang dilakukan Kepala Puskesmas Ulim adalah kesalahan fatal yang tidak dapat dimaafkan. Lanjutnya, Kepala Puskesmas Ulim telah lalai dalam menjalankan tugasnya.

"Ini kesalah yang tidak bisa dimaafkan, ini tidak main-main, ia lalai dalam tugas," tegasnya.

Dinkes lanjut Munawar, pihaknya telah melayangkan teguran keras, baik teguran lisan maupun teguran tulisan kedapa Kepala Puskesmas Ulim.

"Sudah beberapa kali diperingatkat, kedepan kita lihat seperti apa, jika memang dia (Kepala Puskesmas) tidak sanggup, maka akan dilakukan evaluasi," terangnya.

Komentar

Loading...