Unduh Aplikasi

Aman Thursina, Utusan Yusril, dan Kaitannya dengan Irwandi Yusuf

Aman Thursina, Utusan Yusril, dan Kaitannya dengan Irwandi Yusuf
Aman Thursina. Foto: AJNN.Net/Fauzi Cut Syam

BENER MERIAH - Aman Thursina, sudah lebih tiga hari, Wartawan AJNN di Bener Meriah, Fauzi Cut Syam ingin bersilahturahmi dengan pria tersebut.

Pria yang bernama asli Nurdin itu merupakan orang tua angkat Presiden RI Joko Widodo.

Pada era tahun 80an, Jokowi pernah tinggal di rumah Aman Thursina, saat itu pria yang pernah menjabat Wali Kota Solo itu bekerja sebagai karyawan PT KKA yang salah satu wilayah kerjanya terdapat di Bener Meriah.

Jam menunjukkan pukul 14.30 WIB, Saat sebuah panggilan telepon masuk ke HP Waladan Yoga, rekan AJNN. Rupanya telepon tersebut dari Samsul, yang merupakan adik dari Aman Thursina.

"Bang, Aman Thursina sudah menunggu kita di rumah, ini pak Samsul telepon barusan," kata Yoga panggilan untuk aktivis antikorupsi ini.

Ditemani Yoga, wartawan AJNN langsung menuju ke rumah Aman Thursina, yang berada di ujung landasan bandara Rembele.

Kunjungan AJNN ke rumah Aman Thursina selain bersilahturahmi, juga ingin bertanya terkait kehadiran salah satu orang dekat Yusril Ihza Mahendra (YIM) yang bernama Hilmi Bakar.

Sebagai mana diketahui, Yusril merupakan pengacara Gubernur Aceh non Aktif Irwandi Yusuf, yang saat ini berada dalam tahan KPK, terkait kasus gratifikasi dan kasus dermaga Sabang.

Saat itu, Hilmi datang bersama sejumlah teman ke rumah Aman Thursina, yang berada dalam wilayah Kampung Balee Atu, Bener Meriah.

Setelah menempuh perjalanan selama 25 menit dari kota Takengon, AJNN tiba di rumah Aman Thursina, kedatangan rombongan disambut oleh Aman Thursina dan adiknya Samsul.

Usai dipersilahkan masuk dan sedikit berbasa-basi, AJNN langsung menanyakan tentang kehadiran Hilmi bersama rombongan kerumah Aman Thursina.

AJNN juga menanyakan tentang kehadiran Hilmi, yang dalam postingan Facebooknya nampak juga hadir bersama Kasdam Iskandar Muda Brigjen Daniel Cardin.

"Silahturahmi biasa, Habib Hilmi ingin mengajak saya ke tanah suci Mekkah, kata habib kalau melalui Yaman lebih dekat," ujar Aman Thursina.

Saat ditanya apakah ada pesan khusus dari Yusril melalui Hilmi terkait kasus yang menimpa Irwandi Yusuf, dengan ekspresi terkejut, pria yang saat ini berusia 78 tahun tersebut membantah bahwa kehadiran orang dekat Yusril tersebut untuk membawa pesan khusus dari YIM terkait kasus Irwandi Yusuf.

"Kedatangan Habib Hilmi, tidak ada hubungannya dengan Irwandi Yusuf. Dia hanya bertanya tentang kebun kopi dan menawarkan saya berkunjung ke tanah suci, mengenai adanya pak Kasdam itupun tidak bersamaan datang, duluan Kasdam singgah ke rumah saya, baru kemudian Habib Hilmi," ungkap lelaki berjanggut putih itu.

Namun, Aman Thursina juga mengungkapkan kalau dalam rombongan Hilmi ada salah satu keluarga menantu Jokowi bermarga Nasution, namun dirinya tidak begitu ingat namanya.

Selain itu, ada satu orang lagi yang bernama Ria, yang katanya berasal dari Bireuen. Ria ini yang sempat menyinggung masalah hukum yang menimpa Irwandi Yusuf, namun secara bijak, Aman Thursina menjawab bahwa dirinya tidak bisa memberikan pendapat atau solusi walaupun dia kenal dekat dengan Jokowi.

"Itu urusan negara, saya bilang sama dia, saya tidak begitu faham masalah tersebut. Saya sampaikan hal itu agar orang tersebut bisa memahami bahwa kedekatan saya dengan Jokowi hanya hubungan keluarga biasa," ujarnya.

Sebagai orang yang sudah tua, dirinya tidak ingin persoalan silahturahmi dicampur aduk dengan hal yang tidak dirinya fahami. Sebagai contoh di pernah ditanya tentang anak bungsunya yang saat itu masih kuliah oleh Jokowi.

"Pernah Joko tanya sama saya, pak, bagaimana keadaan adek, saya sampaikan bahwa sibungsu Humairah masih kuliah, Joko bilang sama saya kalau Humairah sudah selesai kuliah tolong beri tahu dirinya," ujar Aman Thursina.

Kepada AJNN, Aman Thursina mengatakan bahwa Humairah saat itu masih kuliah di IAIN Sumuy, jurusan PGMI, tapi dirinya tidak pernah meminta Jokowi untuk memperlakukan Humairah dan dirinya secara istimewa, karena menurutnya, Jokowi orang yang jujur. Bahkan Aman Thursina menyebutkan anak perempuan Jokowi bernama Kahiyang Ayu saja tidak diperlakukan secara khusus saat ikut CPNS.

Sebelum pertemuan berakhir, Aman Thursina kembali mengingatkan bahwa dirinya sebenarnya hanya pekerja biasa saat Jokowi menetap dan bekerja di Bener Meriah yang saat itu masih menjadi wilayah Aceh Tengah.

Aman Thursina juga mengungkapkan kekecewaannya kepada beberapa tokoh politik yang hanya ingin bertemu dia saat maju menjadi calon legislatif ataupun kepala daerah. Usai pemilu tak ada satupun dari mereka yang sudah duduk di kursi empuk tersebut, menampakkan batang hidungnya di rumah sederhana sederhana yang dia tempati saat ini.

Suami dari Almarhumah Hj Selimah ini juga berpesan kepada masyarakat bahwa jangan terlalu berprasangka buruk terhadap Presiden Jokowi. Menurut Aman, Jokowi yang dia kenal merupakan pribadi yang baik, sopan dan jujur.

Dilahirkan pada tanggal 12 Desember 1941, Aman Thursina dikaruniai lima orang anak yaitu, Saiful Fatah, Junaidi, Rahmayana, Susilawati, dan si bungsu Humairah.

Saat ini, sehari - hari dirinya bekerja menggarap kebun kopi dan menjalani masa tuanya dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

HUT Pijay

Komentar

Loading...