Unduh Aplikasi

Alumni SMP 1 Galang Dana untuk Penyintas Gempa Pidie Jaya lewat Whatsapp

Alumni SMP 1 Galang Dana untuk Penyintas Gempa Pidie Jaya lewat Whatsapp
Masjid yang roboh diguncang gempa berkekuatan 6,4 skala richter di Pidie Jaya. Foto: Muksalmina

ACEH BARAT - Musibah gempa bumi yang menimpa masyarakat Pidie Jaya Rabu lalu mengerakkan hati masyarakat untuk memberikan bantuan. Salah satunya dilakukan oleh alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Meulaboh angkatan 1996.

Penggalangan dana tersebut dilakukan melalui dunia maya (cyber) dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook, WhatsApp (WA), maupun Blackberry Masangger (BBM). Aksi penggalangan dana melalui dunia maya yang digagas oleh Jopi D Saputra, salah satu alumni angkatan 1996, itu berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 8 juta.

"Mengingat alumni terpencar di daerah yang berbeda, meski tanpa tatap muka dan hanya menggunakan medsos, kami berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 8 juta dalam satu hari,” kata Jopi.

Aksi penggalangan tanpa tatap muka itu, kata dia, dengan cara menyalurkan ke rekening salah satu rekan mereka yang saat ini sedang melakukan study Strata Tiga (S3) di Malaysia. Meski tidak berada di daerah yang sama namun para alumni angkatan 1996 itu, kata dia, sangat pro-aktif dalam menyebarkan pemberitahuan terkait penggalangan dana itu.

Melihat besaranya bantuan yang diperoleh dalam satu hari tersebut, dirinya optimis jika jumlah bantuan yang diberikan oleh rekan-rekannya terus bertambah. Untuk anggaran yang terkumpul tersebut, kata dia, pihaknya akan membelanjakan beberapa kebutuhan pengungsi atau penyintas gempa bumi itu.

“Nanti saat penyaluran akan disalurkan oleh rekan kami yang merupakan warga asal Pidie Jaya, kita percayakan sama mereka karena mereka tahu lokasi dan mengerti kondisi sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran,” imbuhnya.

Komentar

Loading...