Unduh Aplikasi

Ali Yakob: pertanian dan kelautan harus dijadikan prioritas

Ali Yakob: pertanian dan kelautan harus dijadikan prioritas
ALI YAKOP
BANDA ACEH– Anggota Komisi IV DPR RI, M Ali Yakob menilai sektor pertanian dan kelautan masih menjadi potensi pengembangan ekonomi masyarakat yang sangat menjanjikan. Bahkan faktanya, 60-70 persen masyarakat Aceh berprofesi di dua sektor ini.

Hanya saja selama ini, pengembangan pertanian dan kelautan dihadapkan dengan berbagai problema teknis dan keterbatasan sumber daya manusia (SDM). Karenanya dua sektor tersebut harus menjadi prioritas pemerintah.

“Misalnya di sektor pertanian masih ada kendala pengairan dan hama pertanian. Kalau di bidang kelautan dihadapkan dengan keterbatasan peralatan dan teknologi,” kata Ali menjawab wartawan saat mengunjungi sejumlah kelompok tani di Gampong Meunasah Mee Tanjung Usi, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie yang dituliskan Minggu (2/2).

Masih menurutnya, saat ini Aceh memiliki potensi lahan pertanian hingga 781.663 hektar. Lahan tersebut tidak hanya diarahkan untuk pertanian padi. Tapi sebagian besarnya juga digunakan untuk komoditas tanaman tahunan dan tanaman semusim. Sayangnya, masyarakat belum sepenuhnya mampu mengelola lahan tersebut dengan baik.

Selama ini, politisi Partai Demokrat itu melihat pemerintah sudah melakukan beberapa hal untuk meningkatkan produktifitas dua sektor itu. Sebut saja semisal penyediaan benih pertanian, pupuk bersubsidi, bantuan pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAP), hingga subsidi gagal panen yang bisa diperoleh secara cuma-cuma.

“Namun memang masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi. Misalnya persoalan irigasi dan saluran air yang masih memerlukan perbaikan,” jelasnya.

Sementara itu di sector kelautan, luas perairan laut Aceh mencapai 295.370 km persegi. Nyatanya kemampuan masyarakat menggarap potensi tersebut hanya mencapai 35-40 persen. Pada umumnya, kendala yang dihadapi masyarakat untuk menggarap potensi tersebut secara totalitas, dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi.

Namun demikian, Ali optimis upaya menggenjot produktifitas sector kelautan bisa dilakukan bersama-sama. Pemerintah harus mengupayakan masyarakat yang berprofesi di sector ini untuk mendapatkan akses pengembangan SDM. Selain dari itu, dirinya sebagai representasi masyarakat Aceh di Senayan juga akan melakukan langkah konstruktif lainnya untuk mendapatkan alternative bantuan yang bersumber dari APBN..

“Selama ini kita sudah mengupayakan adanya bantuan peralatan para nelayan. Walau hasilnya belum cukup memenuhi semua kebutuhan, namun kami terus mengupayakan penambahan bantuan lainnya melalui APBN. Dan ini harus dilanjutkan,” pungkasnya.

|PUAN/RL

Komentar

Loading...