Unduh Aplikasi

Album Meusyeuhu, Cara OHS Kisahkan Patriotisme Pahlawan Aceh 

Album Meusyeuhu, Cara OHS Kisahkan Patriotisme Pahlawan Aceh 
Foto IST

BANDA ACEH - Banyak cara menunjukkan kecintaan kita pada negeri ini, salah satunya bisa dilakukan melalui jalur bermusik. Karya dan cipta adalah salah satu respon positif yang bisa dirasakan oleh banyak orang karena bersifat universal. 

Seperti yang dilakukan oleh Orang Hutan Squad (OHS), sebuah kelompok musik hip hop asal Aceh. Melengkapi lima tahun kehadirannya, sejak Mei 2015, group yang digawangi oleh anak muda ini  kembali, meluncurkan album  baru bertajuk Meusyeuhu. 

Album ini dilahirkan melalui kekaguman mereka kepada kisah patriotik para pahlawan dan tokoh yang mengangkat marwah bangsa Aceh. Pahlawan dan tokoh itu seperti di Aceh Tamiang Hilir, yang menceritakan tentang Raja Pucok Suloh, Gayo, yang menceritakan tentang Aman Dimot,  Simeulue Sigulai, yang menceritakan tentang Teungku Di Ujung dan Gayo Lues, yang menceritakan tentang Panglima Linting.

Kemudian ada Aneuk Jamee, yang menceritakan tentang Syekh Burhanuddin Ulakan,  Kluet, yang menceritakan tentang Panglimo Rajo Lelo dan dari Singkil, menceritakan tentang "Syekh Abdurrauf As Singkili. 

Selain itu  lirik bahasa Indonesia juga digunakan untuk menceritakan tentang Sultan Iskandar Muda, tokoh yang juga sangat diingat di kalangan masyarakat Aceh, dan namanya ditapalkan sebagai nama Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar. Karya baru grup Orang Hutan Squad yang rencananya akan dirilis tepatnya 20 November 2020, merupakan kolektif mereka.

Salah satu personil Orang Hutan Squad, Muhammad Mar’ie Alfarizky, Sabtu (7/11/2020), mengatakan, diantara sempitnya ruang gerak para pelaku kreatif di masa pandemi Covid-19, Orang Hutan Squad terus berkonsentrasi dan memilih untuk memproduksi karya mereka  melalui “Anthem Vol 5” yang akan dirilis pada 20 November 2020.

Mar’ie  juga mengatakan, OHS juga telah merilis empat anthem lainnya dalam rentang waktu 2018 hingga awal 2020 yang berjudul “Saleum, Prang Sabi, Meuseuraya, dan Keudonya”.  Sedangkan yang akan dirilis pada 20 November 2020 berjudul “Meusyeuhu” 

Karya-karya yang dibuat oleh Orang Hutan Squad semua memiliki kekayaan unsur kebudayaan Aceh. Orang Hutan Squad yang digawangi oleh Alfy Daking, Faiz Affandy, Andre Mandor, Har.8, DJ Zoo, Ozi, Marfa, dan Windi. 

Dalam lima tahun kiprah grup band tersebut, mereka terus berusaha menghadirkan karya-karya yang mereka dedikasikan untuk Aceh dan Indonesia bahkan dunia. Karya-karya Orang Hutan Squad bisa juga dinikmati pada kanal Youtube Orang Hutan Squad.

Komentar

Loading...