Unduh Aplikasi

Alasan Nelayan Lancok Jemput Paksa Rohingya ke Darat

Alasan Nelayan Lancok Jemput Paksa Rohingya ke Darat
Warga Rohingya saat dievakuasi ke daratan oleh warga setempat. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE – Sebanyak 94 Imigran Rohingya dijemput paksa oleh nelayan di perairan Bayu, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara.

Hal itu dilakukan karena mereka tidak tega melihat kondisi warga Negara asing (WNA) terombang ambing-ambing di jarak 100 meter dari pesisir pantai.

Keuchik Gampong Lancok, Nasruddin mengatakan, hal itu dilakukan nelayan mengingat rasa kemanusian dan tidak tega nelayan dengan kondisi Imigran Rohingya tersebut. Apalagi, sebagian dari mereka dalam kondisi sakit.

Baca: Warga Nelayan Tarik Imigran Rohingya ke Daratan Pantai Lancok

“Masyarakat nelayan sengaja mengevakuasinya, karena tidak tega melihat dengan kondisi Rohingya itu,” kata Keuchik, Kamis (29/6).

Sambungnya, saat ini warga menempatkan mereka dipondok milik pedagang setempat. Guna menunggu tindak lanjut dari Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Utara.

Sementara itu, Ketua Basarnas Aceh, Budiono mengatakan, pihaknya hanya melakukan sesuai tupoksi pekerjaan, menyelamatkan demi kemanusiaan dan menolong serta memindahkan manusia ke tempat yang lebih aman.

“Kami hanya membantu evakuasi penyelamatan saja, selebihnya nanti tindakan akan diambil alih oleh intansi terkait baik itu disegi kesehatan maupun pemindahaannya ke tempat lain,” imbuhnya.

Komentar

Loading...