Unduh Aplikasi

Aktivitas Penumpang Bus AKAP di Terminal Tipe A Lhokseumawe Kembali Normal

Aktivitas Penumpang Bus AKAP di Terminal Tipe A Lhokseumawe Kembali Normal
Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Lhokseumawe Iin Indawati. Foto: AJNN/Sarina 

LHOKSEUMAWE - Aktivitas angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Tipe A Kota Lhokseumawe kembali normal. Sebelumnya jumlah penumpang sempat merosot akibat mewabahnya Coronavirus Disease (Covid-19) dseluruh penjuru dunia, termasuk Provinsi Aceh.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Lhokseumawe Iin Indawati mengatakan, dalam pekan ini aktivitas bus sudah kembali normal, sebelumnya penumpang sepi karena kesadaran masyarakat untuk menghindari Covid-19, dan tidak berpergian menggunakan angkutan umum.

“Jadi saat mewabahnya Covid-19 Terminal tetap kita buka, namun hanya saja penumpang tidak ada yang berpergian menggunakan bus, sehingga penurunan penumpang mencapai hingga 90 persen,” katanya kepada AJNN, Rabu (10/6).

Dikatakan Iin, aktifitas bus saat ini sudah ada kenaikan penumpang dari sebelumnya, namun tidak seperti keadaan sebelum pandemic Covid-19. Dan jumlah penumpang pun sudah mencapai 89 untuk rute kedatangan, kemudian keberangkatan 98 orang dari Terminal Tipe A Lhokseumawe.

“Kami sudah menjalankan SOP yang ditentukan untuk keberangkatan penumpang, jadi kami memprasayaratkan penumpang untuk wajib masker, kemudian membawa handsanitizer,” ungkapnya.

Sambungnya, jumlah AKAP yang berangkat dari Kota Lhokseumawe sebelum Covid-19 mencapai 12 unit bus dari berbagai loket. Namun yang aktif sekarang diperkirakan satu loket hanya dua bus dengan kondisi penumpang yang tidak penuh.

“Namun saat ini jumlah penumpang sudah lumayan ramai, dibandingkan sebelumnya harus bergabung dengan penumpang yang berasal dari Bireuen,” ungkapnya.

Komentar

Loading...