Unduh Aplikasi

Aksi Teatrikal Peduli Rohingnya Gambarkan Kekerasan di Myanmar

Aksi Teatrikal Peduli Rohingnya Gambarkan Kekerasan di Myanmar
Aksi teatrikal kekejaman Myanmar terhadap Muslim Rohingnya. Foto: Tommy

BANDA ACEH - Sejumlah massa yang tergabung dalam Solidarity For Rohingnya melakukan aksi teatrikal sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Rohingya yang mengalami kekerasan. Aksi tersebut menggambarkan kekerasan dan kekejaman Myanmar terhadap warga muslim Rohingya. 

Pada aksi teatrikal yang dilaksanakan di Pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, sejumlah ormas memperlihatkan bagaimana militer Myanmar melakukan penindasan terhadap etnis Rohingya sehingga menimbulkan korban jiwa dan ribuan orang mengungsi.

"Aksi ini kami lakukan bentuk kepedulian sebagian warga Aceh terhadap warga Rohingya yang mengalami kekerasan oleh Myanmar," kata Tuanku Muhammad, selalu korlap aksi, Kamis (7/9).

Kekerasan yang dialaminya terhadap warga Rohingya yang dilakukan tentara dan polisi Myanmar tidak manusiawi. Bahkan pemerintah Myanmar membiarkan pembantaian menimpa warga Rohingnya.

"Pemerintah Myanmar sendiri terkesan tutup mata seolah tidak peduli dengan nasib etnis Rohingya. Pemerintah seharusnya menjaga keselamatan dan keamanan rakyatnya," ucapnya.

Dalam aksi itu, massa juga menuntut agar pemerintah Myanmar menghentikan pembantaian etnis Rohingya, pulihkan hak kewarganegaraan etnis Rohingya dan mendesak lembaga Internasional melakukan tindakan konkret dalam menangani masalah genosida etnis Rohingnya.

"Isu Rohingnya harus mendapat perhatian seluruh umat manusia di dunia. Kami juga menegaskan bahwa rakyat Aceh siap menyambut kedatangan muslim Rohingya ke Aceh," ungkapnya.

Komentar

Loading...