Unduh Aplikasi

Aksi Pencurian Kabel Optik Milik PLN Kembali Terjadi di Aceh Utara

Aksi Pencurian Kabel Optik Milik PLN Kembali Terjadi di Aceh Utara
Manager PLN Rayon Krueng Gekueh, Mukhtar Juned, sedang menunjukkan kondisi trafo dan barang bukti yang ditemukan di Trafo DT-23 Lancang Barat, Dewantara.

ACEH UTARA - Aksi pencurian kabel optik milik PLN kembali terjadi di Aceh Utara dan Lhokseumawe. Dalam tiga pekan terakhir, kabel di tiga titik trafo raib digondol kawanan maling.

Dihimpun AJNN, setelah sebelumnya trafo di Gampong Meuria Paloh, Muara Satu, Lhokseumawe. Kemudian kabel optik di Trafo Paya Gaboh dan Lancang Barat, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara juga raib dicuri.

Baca: Kabel Optik PLN Kembali Dicuri, Pelaku Diduga Kelompok Spesialis

"Tadi malam kabel optik di trafo DT-23 Gampong Lancang Barat dicuri. Dalam tiga pekan terakhir, ini yang ketiga kalinya terjadi," ujar Manager PLN Rayon Krueng Gekueh, Mukhtar Juned saat dikonfirmasi AJNN, Rabu, (3/1).

Aksi tersebut diduga terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Petugas PLN yang melakukan pengecekan pagi tadi menemukan barang bukti satu buah gergaji dan bungkusan biskuit.

Baca: Polisi Tangkap Terduga Pencuri Kabel Optik Milik PLN di Lhokseumawe

"Selama ini para pelaku pencurian kabel optik modusnya jadi petugas PLN. Mereka pura-pura sedang memperbaiki trafo, agar warga tidak curiga," ungkapnya.

Akibat kejadian tersebut, pihak PLN mengalami kerugian hingga puluhan juta.

"Satu set kabel optik saja yang dicuri PLN bisa rugi hingga 30 juta. Apalagi kalau trafonya juga dirusak, bisa sampai 100 juta ruginya," sebut Juned.

Pihaknya berharap, kawanan spesialis pencurian kabel tersebut bisa segera ditangkap karena sudah sangat merugikan dan meresahkan masyarakat.

"Untuk kasus ini sudah kita laporkan juga. Kemarin sudah ada yang ditangkap satu orang. Karena dugaan kita pelakunya lebih dari satu orang (kawanan), jadi kita harap polisi bisa secepatnya menangkap komplotan maling tersebut," kata Juned.

Juned menambahkan, jika masyarakat melihat gelagat mencurigakan dari orang-orang sedang berada di trafo milik PLN, datangi saja dan tanya kartu identitasnya.

"Kita juga berharap kerjasama dari masyarakat untuk saling menjaga. Karena kalau terjadi pencurian, yang dirugikan juga warga karena distribusi arus listrik pasti akan terhenti (padam)," tandasnya.

Komentar

Loading...